Presiden Jokowi mendorong pemanfaatan teknologi untuk hilirisasi komoditas kelapa di Indonesia

id Komoditas kelapa,Ekonomi hijau,Hilirisasi kelapa,Jokowi

Presiden Jokowi mendorong pemanfaatan teknologi untuk hilirisasi komoditas kelapa di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Konferensi dan Pameran Internasional COCOTECH ke-51 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (22/7/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Surabaya (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemanfaatan teknologi dalam upaya hilirisasi komoditas kelapa agar dapat lebih memberi nilai tambah bagi negara.

“Memanfaatkan teknologi, hilirisasi dalam rangka ke sana,” kata Presiden Jokowi dalam Konferensi Cocotech ke-51 di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Presiden Jokowi menuturkan saat ini sebenarnya sudah banyak pemanfaatan komoditas kelapa dengan menggunakan teknologi seperti menjadi bioenergi serta bioavtur.

Di sisi lain, penggunaan teknologi untuk hilirisasi komoditas kelapa masih menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia agar bisa diterapkan secara lebih masif.

Oleh sebab itu, Presiden meminta agar pelaku di industri bidang komoditas kelapa dapat mengoptimalisasi kemajuan teknologi agar upaya hilirisasi dapat lebih berkembang.

Terlebih, komoditas kelapa memiliki potensi sangat besar bagi Tanah Air karena di Indonesia terdapat lahan kelapa seluas 3,8 juta hektar dengan produksi mencapai 2,8 juta ton per tahun.

Hal tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia dalam aspek komoditas kelapa dan daerah yang berpotensi paling besar memproduksi kelapa adalah Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Riau.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi dorong pemanfaatan teknologi untuk hilirisasi komoditas kelapa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024