45 anggota DPRD Kabupaten Bantul dilantik

id DPRD Bantul ,Pelantikan anggota DPRD ,Pemkab Bantul

45 anggota DPRD Kabupaten Bantul dilantik

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 45 anggota DPRD Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di Gedung DPRD Bantul, DIY. Selasa (13/8/2024) (ANTARA/HO-Setwan DPRD Bantul)

Bantul (ANTARA) - Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta masa jabatan tahun 2024-2029, yang terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024 resmi dilantik dan diambil sumpah di gedung DPRD setempat, Selasa.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam sambutan pelantikan dan pengambilan sumpah 45 anggota DPRD di Bantul mengatakan, profil anggota dewan begitu penting mengingat tugas dan fungsinya yang begitu sentral di pemerintahan.

"Karena itu, anggota DPRD haruslah memiliki kompetensi yang prima yaitu dengan pengetahuan yang luas, kemampuan yang handal berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggung jawabnya, serta dibarengi dengan sikap dan perilaku yang baik," katanya.

Dia mengatakan, guna mewujudkan hal tersebut, semua anggota DPRD berhak meningkatkan kompetensi dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis.

"Namun perlu diingat bahwa pelaksanaannya dilakukan secara proporsional yang berbasis pada peningkatan 'life skill' maupun 'soft skill' dalam menunjang tugas-tugasnya," kata Joko Purnomo.

Menurut dia, pelatihan dan pengembangan ini diharapkan dapat membantu anggota DPRD dalam menjalankan fungsi legislatif, pengawasan, dan anggaran secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian dalam rangka menyambut Pilkada serentak 2024, diharapkan agar anggota DPRD memaksimalkan peran dalam mengawal pelaksanaan pemilihan, baik dalam hal persiapan tahapan, hingga pelantikan kepala daerah terpilih sesuai peraturan perundang-undangan.

Wabup juga memberikan apresiasi kepada jajaran KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu, unsur keamanan dari TNI/Polri, serta semua pihak sehingga pelaksanaan Pemilu Legislatif 2024 di Bantul berjalan aman, lancar, damai, demokratis dan mengedepankan etika serta taat hukum.

Sebanyak 45 anggota DPRD Bantul itu terdiri tujuh orang dari PKB, enam orang dari Partai Gerindra, 12 orang dari PDI Perjuangan, enam orang dari Partai Golkar, enam orang dari PKS, dua orang dari PAN, tiga orang dari Partai Demokrat, dua orang dari PPP, dan satu orang dari Partai Ummat.