Kediaman Pahlawan Slamet Riyadi di Solo, Jateng, perlu perawatan untuk referensi sejarah

id Sejarah, rumah Slamet Riyadi, pahlawan nasional,Pahlawan,Solo

Kediaman Pahlawan Slamet Riyadi di Solo, Jateng, perlu perawatan untuk referensi sejarah

Pendiri Diwa Foundation Diah Warih Anjari saat berkunjung ke kediaman masa kecil Slamet Riyadi di Solo Jawa Tengah,l Minggu (18/8/2024). ANTARA/Aris Wasita.

Solo (ANTARA) - Yayasan Sosial di Solo Jawa Tengah Diwa Foundation menyebutkan, kediaman masa kecil pahlawan Slamet Riyadi perlu perawatan sehingga ke depan bisa menjadi referensi sejarah bagi masyarakat.

Pendiri Diwa Foundation Diah Warih Anjari di Solo Jawa Tengah Minggu, mengaku prihatin dengan kondisi rumah tersebut.

Menurut dia, rumah tersebut seharusnya bisa dirawat secara lebih layak.

"Saya melihatnya secara pribadi prihatin karena kondisinya kurang layak. Kalau berbicara pahlawan nasional ini harusnya diperhatikan, diberi perhatian khusus bagaimana tempat ini layak," katanya.

Dengan demikian, menurut dia lokasi tersebut bisa menjadi salah satu referensi bahwa Solo memiliki pahlawan nasional yang ikut berjuang memerdekakan Indonesia.

Karena itu, ia langsung mendatangi kediaman masa kecil Slamet Riyadi di Jalan Tejonoto I Nomor 3, Kampung Jogosuran RT-01/ RW-05, Kelurahan Danukusuman Kecamatan Serengan Solo Jawa Tengah yang saat ini sudah ditempati oleh keluarganya.

"Nanti kalau ada restu dari masyarakat dan lainnya, kami diberi kesempatan untuk memimpin Solo, ini menjadi prioritas. Tempat ini layak menjadi sebuah tempat yang harusnya menjadi referensi sejarah," katanya.

Bahkan jika memungkinkan, melalui yayasannya ia ingin menjadikan rumah tersebut sebagai museum dan destinasi wisata sejarah.

"Kalau saya setelah melihat langsung ingin banget menjadikan ini sebuah galeri sejarah, tapi kan kita tetap harus melihat status kepemilikannya dulu," katanya.