97 pasien dievakuasi WHO dari Jalur Gaza ke Abu Dhabi

id WHO,jalur gaza,evakuasi,pasien,abu dhabi,UAE

97 pasien dievakuasi WHO dari Jalur Gaza ke Abu Dhabi

Orang-orang yang terluka dalam serangan Israel dirawat di sebuah rumah sakit di utara Kota Gaza, pada 8 Juli 2024. (ANTARA/Xinhua/Mahmoud Zaki)

Istanbul (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengevakuasi 97 pasien dan orang-orang yang terluka parah dari Jalur Gaza untuk mendapatkan perawatan medis di ibu kota Uni Emirat Arab (UAE), Abu Dhabi.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (11/9) di X menyampaikan keterangan terperinci  mengenai evakuasi medis tersebut yang dilakukan di Gaza -- di bawah serangan intensif Israel.
  
"WHO berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri UAE dan para mitra, hari ini mengevakuasi 97 pasien sakit dan terluka parah serta 155 pendamping dari Gaza dalam evakuasi medis terbesar sejak Oktober 2023," katanya.

"Para pasien dipindahkan melalui Kerem Shalom menuju Bandara Ramon di Israel untuk melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi guna mendapatkan perawatan khusus," ujarnya, menambahkan.

Tedros menjelaskan bahwa para pasien tersebut meliputi 45 anak-anak dan 52 dewasa pengidap berbagai penyakit, mulai dari kanker, kardiovaskular, kelainan bawaan, darah, hati hingga trauma atau cedera.

Meskipun menghadapi tantangan operasional dan masalah keamanan yang berat, WHO dan mitranya memastikan pemindahan pasien, mendirikan fasilitas penerima di Rumah Sakit Eropa Gaza berjalan aman.



Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: WHO evakuasi 97 pasien dari Jalur Gaza ke Abu Dhabi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024