Jogja  (ANTARA Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar lomba tata upacara bendera bagi pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Sleman pada 15 hingga 19 Oktober.

"Lomba tata upacara bendera ini dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 dan Hari Pahawan 10 November," kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman Sumarno, Senin.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu bentruk pendidikan dan pembinaan karakter generasi muda yang meliputi ketertiban, kedisiplinan, nilai-nilai kebangsaan, kepemimpinan, kejuangan dan kepahlawanan.

"Lomba ini diselenggarakan pada 15 hingga 17 Oktober untuk tingkat SMP/MTs dan 18 hingga 19 Oktober untuk tingkat SMA/SMK/MA negeri dan swasta sekabupaten Sleman di lapangan Pemkab Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, melalui penyelenggaraan lomba tata upacara ini diharapkan dapat menanamkan sifat tertib dan disiplin di kalangan siswa, membiasakan berpenampilan rapi dan sopan.

"Selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan memimpin, dan membina kekompakan dan kerjasama," katanya.

Sumarno mengatakan, sebagai juri dalam kegiatan ini adalah Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman, Dinas Pol PP dan Trantibmas, Kebudayaan dan Pariwisata Sleman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

"Dalam lomba ini masing-masing tim akan diikuti oleh sejumlah kurang lebih 30 petugas upacara dengan waktu pelaksanaan maksimum 30 menit," katanya.

(V001)

Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar