Bantul (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat mendaftarkan sebanyak 45 bakal calon anggota legislatif ke KPU setempat untuk mengikuti Pemilihan Umum pada 2014.

"Hari ini kami mendaftarkan calon anggota legislatif sebanyak 45 calon, yang terdiri dari 19 calon perempuan," kata Ketua DPD Golkar Bantul, Agus Subagyo usai mendaftar bakal caleg di KPU Bantul, Jumat.

Menurut dia, dengan demikian kuota keterwakilan caleg perempuan telah melampui yang ditetapkan KPU sekitar 30 persen atau mencapai sekitar 43,2 persen dari jumlah bakal caleg yang didaftarkan.

"Kuota perempuan di partai Golkar cukup besar, bahkan khusus daerah pemilihan (dapil) tiga, caleg perempuan yang diusung mencapai 57 persen," katanya.

Ia mengatakan, dari bakal caleg yang didaftarkan pihaknya menempatkan dua caleg perempuan pada nomor urut pertama yakni untuk dapil tiga atas nama Siti Kusmiyati dan dapil lima yakni Heni Triwidayati.

"Kemudian dua caleg perempuan lainnya menduduki nomor urut dua di dua dapil yang berbeda, yakni dapil satu dan dapil tiga, selain itu dua caleg dari Golkar merupakan "incumbent" yakni Arni Tyas Palupi dan Sri Sulistyaningsing," katanya.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 45 bakal caleg, lima orang diantaranya masih muda dan belum menikah, dengan caleg perempuan termuda berusia 23 tahun yakni Putri Anindya Jati dan caleg laki-laki berusia 24 tahun yakni Marianto.

"Pada intinya Golkar siap untuk mengikuti pemilu 2014 dan caleg dari partai siap bertarung dengan caleg-caleg yang lain, dalam artian bukan pertarungan adu fisik, melainkan secara santun, ini yang kami kedepankan," katanya.

Terkait kualitas caleg, kata dia pihaknya mengklaim sudah berpengalaman meskipun masih muda karena semua caleg telah melalui seleksi yang ketat, semua calon murni dari kader partai Golkar tidak ada yang dari luar partai.

"Secara kelembagaan, semua bakal caleg pernah mengikuti pembekalan caleg dan pendidikan kader, secara personal juga telah diseleksi ketat dan penentuan melalui diskusi untuk memilih yang terbaik," katanya.
(KR-HRI)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar