Tingkat hunian hotel DIY capai 100 persen

id tingkat hunian hotel

Tingkat  hunian hotel DIY  capai 100 persen

Salah satu kamar hotel di Yogyakarta (Foto Dok. ANTARA)

Jogja (Antara Jogja) - Tingkat hunian hotel di Kota Yogyakarta mencapai 100 persen selama libur Natal dan Tahun Baru 2014, kata sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono.

"Untuk reservasi mulai 24 Desember-2 Januari 2014 telah mencapai 100 persen di Yogyakarta, sementara di luar Yogyakarta rata-rata masih 80 persen," kata Deddy di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kategori hotel yang paling banyak diminati yakni yang terletak di pusat kota atau kawasan Malioboro. Namun secara umum tingkat hunian hotel tersebut merata, baik hotel berbintang maupun melati (nonbintang).

Untuk tingkat hunian pada hari biasa selama 2013, menurut dia rata-rata masih mencapai 10 hingga 20 persen untuk hotel nonbintang, sementara hotel berbintang mencapai 30 hingga 50 persen.

Menurut Deddy, tamu yang memesan kamar hotel di Yogyakarta hingga saat ini masih didominasi wisatawan domestik.

"Kebanyakan masih dari lokal. Sementara untuk wisatawan mancanegara banyak dijumpai pada tahun baru nanti," katanya.

Ia mengatakan hingga kini jumlah hotel di DIY telah mencapai 1.160 unit. Sebanyak 60 untuk hotel berbintang dengan jumlah 6.000 kamar dan 1.100 untuk hotel nonbintang dengan 12.660 kamar. Bertambahnya jumlah hotel tersebut juga menyebabkan tingkat hunian hotel merata.

"Oleh sebab itu wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu takut kehabisan kamar hotel untuk menginap," katanya.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024