Dispar: kegiatan pariwisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat

id dispar: kegiatan pariwisata

Dispar: kegiatan pariwisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat

Pedagang kaki lima di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Kegiatan pariwisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena terkait dengan usaha jasa perhotelan maupun kuliner, kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Didik Purwadi.

"Kegiatan pariwisata memiliki efek ganda yang besar, karena setiap kegiatan pariwisata selalu berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat," kata Didik di Yogyakarta, Rabu.

Berkaitan dengan rencana penyelenggaraan kegiatan Jogja Bike Rendezvous (JBR) yang akan berlangsung di Kaliurang, Kabupaten Sleman, 9-11 Mei 2014, ia optimistis kegiatan pariwisata seperti Jogja Bike Rendezvous tahun ini bakal mampu mengangkat perekonomian masyarakat Yogyakarta.

"Komitmen Dinas Pariwisata DIY untuk membangun sinergi dengan pemangku kepentingan pariwisata, termasuk komunitas para biker sudah mendapat apresiasi dari Gubernur DIY sebagai Honorary Ambassador of Tourism untuk Yogyakarta," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) DIY Gatot Kurniawan mengatakan kegiatan JBR tahun ini dijadwalkan berlangsung di objek wisata Kawasan Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman.

"Ini memang event spesial, karena peserta biasanya datang dengan keluarga, dan mereka kebanyakan dari kalangan menengah, sehingga dipastikan beberapa hotel di Yogyakarta bakal penuh," katanya.

Alasan pemilihan lokasi di Tlogo Putri Kaliurang, kata dia, diharapkan para peserta bisa menyatu dengan alam, sekaligus bisa menyentuh masyarakat lapisan bawah.

"Sehingga persepsi bahwa para bikers tidak peduli dengan masyarakat bisa dihilangkan, karena kepedulian para bikers dalam setiap event sangat tinggi, termasuk untuk aksi sosial dan pemberian bantuan bagi masyarakat," katanya.

Dalam penyelenggaraan Jogja Bike Rendezvous nanti para peserta juga akan diajak keliling di beberapa lokasi menantang di lereng Gunung Merapi, misalnya lava tour, trail adventure, dan kuliner tradisional ala lereng Merapi.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024