Mendikbud: soal UN siap didistribusikan

id mendikbud soal un

Mendikbud: soal UN siap didistribusikan

Mendikbud (foto antaranews.com)

Semarang (Antara Jogja) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan naskah soal Ujian Nasional (UN) 2014 untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) sederajat siap didistribusikan.

"Alhamdulillah sampai saat ini percetakannya bagus. Sekarang, mulai tanggal 30 Maret-1 April 2014 mulai distribusi (naskah soal UN) dari percetakan ke provinsi," katanya di Semarang, Sabtu.

 Hal itu diungkapkannya usai menyampaikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis Ke-49 Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang berlangsung di auditorium universitas konservasi tersebut.

Menurut mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu, pendistribusian naskah soal UN SMA dan sederajat akan dilanjutkan dari provinsi ke kabupaten/kota setelah tanggal 1 April 2014.

"Pelaksanaan UN kan mulai 14 April 2014. Berarti masih ada waktu sekitar dua mingguan. Insya Allah cukup waktu pendistribusian," kata Nuh.

Disinggung pengaruh pelaksanaan UN dengan penyelenggaraan pesta demokrasi, yakni Pemilihan Umum 2014, ia mengaku tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena tidak akan berpengaruh dengan kelancaran pelaksanaan UN.

"Pemilu? Ya tidak apa-apa. Pemilu kan 'ono panitiane dewe' (ada panitianya sendiri). Insya Allah pelaksanaan UN lancar," katanya.

Sebelumnya, Wakil Mendikbud Musliar Kasim mengatakan distribusi soal UN untuk daerah-daerah terpencil memang diprioritaskan lebih awal untuk mengantisipasi keterlambatan sebagaimana UN tahun lalu.

Pencetakan naskah soal UN, kata dia, dipastikan sudah rampung pada 20 Maret 2014 dan dipastikan pada tanggal 1 April 2014 sudah harus berada di ibu kota provinsi daerah yang tergolong tertinggal.

"Untuk daerah yang tidak tertinggal, soal UN dipastikan sampai di ibu kota provinsi pada 3 April 2014. Dari gudang provinsi, kemudian dilanjutkan distribusinya ke kabupaten/kota," katanya.

Seluruh pihak, Musliar mengungkapkan, tentunya tidak menginginkan terjadi kendala pada pelaksanaan UN 2014, sebagaimana kendala keterlambatan pencetakan dan distribusi soal pada UN tahun lalu.(KR-ZLS)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024