Kantor Pos Wonosari dipenuhi paket Lebaran

id kantor pos wonosari

Kantor Pos Wonosari dipenuhi paket Lebaran

Pos Indonesia

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kantor Pos Wonosari Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah mulai dipenuhi kiriman paket lebaran yang berasal dari sejumlah kota besar di Indonesia sejak beberapa hari terakhir ini.

Manager Operasional Kantor Pos Wonosari Wedha Wijayanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan peningkatan pengiriman mencapai 30 persen dibanding hari biasa sejak lima hari terakhir.

"Pengiriman yang biasanya sekitar 30 item, tetapi beberapa hari ini meningkat menjadi 40 item," kata Wedha.

Ia mengatakan sebagian besar pengiriman berasal dari dalam pulau Jawa didominasi kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung. "Untuk pengiriman barang dari luar pulau Jawa sangat sedikit," kata dia.

Wedha mengatakan barang-barang yang dikirimkan berupa pakaian, elektronik dan makanan kering, yang digunakan menjelang lebaran.

"Setiap tahun, menjelang lebaran paket selalu meningkat, kemungkinan karena banyaknya warga di Gunung Kidul yang tinggal diperantauan," kata dia.

Untuk mengantisipasi penumpukan barang, lanjut dia, Kantor Pos menerapkan sistem "clean floor" atau barang yang datang langsung didistribusikan ke kantor pos di kecamatan.

"Kami tidak akan menambah jumlah petugas. Dengan lima petugas sudah mencukupi untuk mengirimkan ke pos masing-masing kecamatan," kata dia.

Dia memperkirakan peningkatan pengiriman akan terjadi pada H-5 Lebaran. "Mendekati lebaran, volume kiriman paket melalui kantor Pos akan terus meningkat," katanya.

Selain paket pos, paket yang berasal dari bus juga terjadi peningkatan. Salah satunya paket Rosalia Indah, mengalami peningkatan dua kali lipat.

"Paketan terutama dari jakarta mengalami peningkatan dua kali lipat sejak dua hari terakhir," kata pengelola paket Rosalia Indah, Anung.

Salah seorang penerima paket Supardi, warga Wonosari mengaku mendapatkan kiriman dari anaknya yang berada di Jakarta. "Saya mendapatkan pakaian dari anak saya yang tinggal di Jakarta untuk persiapan lebaran," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024