Praktisi: kampung wisata jadi pilihan wisatawan

id praktisi: kampung wisata

Praktisi: kampung wisata jadi pilihan wisatawan

Wisatawan asing mengunjungi kampung wisata di Yogyakarta (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Banyaknya kampung wisata di wilayah Kota Yogyakarta bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut, kata praktisi pariwisata dan kebudayaan Widi Utaminingsih.

"Jumlah kampung wisata di Kota Yogyakarta saat ini terus bertambah sehingga bisa menjadi tawaran menarik bagi wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kampung wisata," kata Ketua Yayasan Widaya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, semakin banyaknya kampung wisata di kota itu diharapkan akan memberikan sajian menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, dengan ragam potensi dan kekhasan masing-masing.

"Jadi potensi kampung wisata di Kota Yogyakarta perlu dikembangkan untuk memberikan pilihan kunjungan bagi wisatawan baik mancanegara maupun nusantara," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak dalam bidang pengembangan pariwisata dan budaya berbasis potensi lokal.

Menurut Widi, untuk memgembangkan kampung wisata di Kota Yogyakarta perlu campur tangan Pemerintah Kota Yogyakarta terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

"Potensi yang dimiliki kampung wisata di Kota Yogyakarta tidak terbatas pada bangunan `heritage` dan wisata budaya lokal, namun juga kekuatan ekonomi kreatif lainnya yang bisa mendukung, misalnya produk kerajinan," katanya.

Widi mengatakan kampung wisata memiliki keunikan yang ditawarkan dan sangat beragam, selain kekayaan heritage, sentra kerajinan batik, dan asesoris, juga seni tradisi lokal yang masih terpelihara dengan baik.

Sejumlah kampung wisata di Kota Yogyakarta diantaranya Kampung Dipowinatan, Kampung Cokrodirjan, Kampung Purbayan, Kotagede, Kampung Kotagede, Patangpuluhan dan sebagainya.

"Selama ini kampung wisata di kota ini sudah menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Keunikan yang ditawarkan kampung wisata itu juga terus bertambah," kata Widi Utaminingsih.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024