Polres Bantul sterilisasi lima gereja jelang Natal

id Kapolres

Polres Bantul sterilisasi lima gereja jelang Natal

Kapolres Bantul DIY AKBP Surawan (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama tim gegana Kepolisian Daerah setempat akan melakukan steriliasi lima gereja di wilayah setempat menjelang perayaan Natal 2014.

"Untuk gereja yang jadi perhatian kami adalah gereja-gereja besar, setidaknya ada lima gereja besar yang kami fokuskan untuk kami lakukan sterilisasi," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul, AKBP Surawan di Bantul, Jumat.

Menurut dia, lima gereja tersebut adalah gereja Pringgolayan Banguntapan, Gereja Ganjuran Bambanglipuro, gereja Theresia Gubuk Sedayu, gereja Salip Suci Kasihan dan gereja Yakobus Klodran.

"Sebenarnya banyak gereja di Bantul, namun karena keterbatasan personel tim Gegana Polda DIY, maka sterilisasi dilakukan di lima gereja yang memang memiliki jemaat yang banyak," katanya.

Surawan mengatakan, sterilisasi gereja tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan kepolisian dalam pengamanan Hari Natal, sehingga harapannya umat kristiani dapat merayakan hari besar keagamaan itu dengan nyaman.

Selain melakukan steriliasi gereja menjelang Natal, kata dia dalam pengamanan Natal pihaknya dibantu sejumlah organisasi masyarakat (ormas) misalnya Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB), Senkom serta bantuan serbaguna (Banser).

"Kami juga akan mendirikan sejumlah pos pengamanan dan pos pelayaan saat perayaan Natal, di antaranya di simpang empat Druwo dan sekitar gereja Ganjuran," katanya.

Menurut dia, pihaknya mengaku tidak menganggap enteng berbagai kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sehingga sejumlah intelijen juga diturunkan untuk mendeteksi terkait potensi ganggguan kamtibmas.

"Kami akan meningkatkan kegiatan-kegiatan intelijen dan juga koordinasi dengan kelompok-kelompok masyarakat tertentu, biar kita bisa menyikapi dengan cermat," katanya.

(KR-HRI)