Harga kebutuhan pokok di Kulon Progo stabil

id harga kebutuhan pokok

Harga kebutuhan pokok di Kulon Progo stabil

Pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar Kulon Progo (Foto Antara/Mamiek/ags/14)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, stabil tinggi dan tidak ada kenaikan harga meski ada lonjakan permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru 2015.

Asisten II Ekonomi Pembangunan Sekda DIY Didik Purwadi di Kulon Progo, Senin, mengatakan pihaknya melakukan pemantuan rutin harga kebutuhan pokok menjelang Indul Fitri, Natal dan Tahun Baru 2015.

"Berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Wates, harga kebutuhan pokok masih stabil tinggi. Selain itu, ketersediaan stok kebutuhan pokok masih sangat mencukupi permintaan masyarakat," kata Didik usai melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Wates.

Ia mengatakan pemantuan harga secara rutin dalam rangka memberikan rasa nyaman kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2015 dengan harga kebutuhan pokok terjangkau.

Didik mengatakan berdasarkan hasil pemantuan harga kebutuhan pokok di Pasar Wates yakni beras premium Rp9.500 per kg, daging ayam Rp25 ribu, daging sapi Rp98 ribu. Harga cabai yang minggu lalu Rp80 ribu, sekarang Rp70 ribu per kg.

"Kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, tidak setinggi menjelang Lebaran. Harga daging ayam saat itu mencapai Rp32 ribu kg, sekarang hanya Rp25 ribu," kata Didik.

Dia mengatakan mekanisme harga yakni masalah suplai dan permintaan. Kenaikan harga kebutuhan pokok biasanya dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapat keuntungan yang tinggi.

"Tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan momentum Natal dan tahun baru. Kenaikan harga dikarenakan permintaan barang meningkat. Biasanya, selesai bulan Suro, masyarakat banyak hajatan. Suplai tetap, dan jumlah permintaan naik. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk membeli barang secukupnya dan tidak boros," kata Didik.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan ada momentum yang menaikan harga kebutuhan naik yakni kebaikan bahan bakar minyak (BBM), menjelang Natal dan Tahun Baru 2015.

"Pemantauan harga ini karena kami ingin mengetahui ketersediaan dan harga kebutuhan pokok. Di Kulon Progo, ada survei mingguan, ternyata tidak ada kenaikan signifikan. Harapannya, daya beli masyarakat tidak turun," kata Hasto.

Pedagang daging sapi Pasar Wates Dumila mengatakan harga daging sapi stabil yakni Rp98 ribu untuk kualitas A, dan Rp90 ribu untuk kualitas B.

"Saat ini permintaan 15-20 kg per hari. Permintaan ini sedikit menurun apabila dibandingkan harga daging Rp80 ribu sebanyak 30-40 kg per hari," katanya.
(U.KR-STR)