Gunung Kidul perpanjang pendaftaran siswa SMA/SMK

id siswa

Gunung Kidul perpanjang pendaftaran siswa SMA/SMK

Ilustrasi pendaftaran siswa baru (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperpanjang waktu pendaftaran SMA/SMK hingga 27 Juli untuk memberikan kesempatan kepada sekolah yang kuotanya belum terpenuhi.

"Sekolah yang hari ini belum penuh koutanya bisa membuka pendaftaran sampai 27 Juli," kata Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan kuota SMA/ SMK di Gunung Kidul mencapai 11.800 siswa untuk negeri dan swasta. "Namun kuota tersebut belum tentu terisi semua karena ada kemungkinan, lulusan SMP tidak melanjutkan sekolah," katanya.

Ketua PPDB SMA Negeri 2 Wonosari Bambang Irianto mengatakan di SMA 2 Wonosari ada 314 calon siswa yang mengambil formulir, tapi yang mengembalikan formulir hanya 239 pendaftar dari 192 siswa baru kuota siswa baru. "Jadi akan ada ratusan pendaftar yang akan ditolak masuk ke SMA 2 Wonosari," katanya.

Ia mengatakan pada hari terakhir pendaftaran, banyak siswa yang menarik formulir untuk dipindah ke sekolah yang lain. "Ada beberapa yang tetap tidak menarik formulir meski nilainya tidak masuk ke sekolah, kemungkinan mereka menanti jika nilai atasnya ada yang pindah," katanya.

Bambang mengatakan pihaknya menerima pendaftaran dari salah seorang siswi peringkat pertama UN SMP se DIY, Mellina Ambriyanti. Ia mendaftarkan dengan nilai 404 dari total 398 nilai UN dan ditambah 60 dari pin prestasi akademik. "Melina mendaftar disini, mungkin ikut jejak kakaknya yang berhasil di IPDN," katanya.

Ketua PPDB SMK Negeri 2 Wonosari Arif Rahman mengatakan hal yang sama, di sekolah ini ada 679 siswa yang mengambil formulir pendaftaran. Namun yang mengembalikan hanya 518 siswa, maka dengan kuota 418 siswa akan ada 100 orang yang tidak diterima."Tadi banyak yang mencabut formulir atau pindah jurusan, dan pindah sekolah," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024