Paskibraka Sleman mulai ikuti pelatihan

id paskibraka sleman

 Paskibraka Sleman mulai ikuti pelatihan

paskibraka (triokasetiawan.wordpress)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan pembukaan pelatihan Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka yang akan bertugas pada Upacara Bendera HUT ke 70 Kemerdekaan RI, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan, para peserta terdiri dari Kelompok Pasukan 17 dan 8 adalah peserta unsur pelajar SMA/SMK/MA yang telah terpilih melalui Pemilihan Calon Paskibraka 2015, yang sebelumnya 18 putra dan 18 putri.

"Sementara Kelompok Pasukan 45 adalah peserta unsur TNI-AD dari KODIM 0732 Sleman, Yonif 403 Yogyakarta, Brimob Polda DIY, TNI-AU dari Lanud Adisutjipto, TNI-AL dari Lanal Yogyakarta dan dari Polres Sleman," katanya.

Menurut dia, tujuan penyelenggaraan adalah memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme dan jiwa patriotisme serta rasa cinta Tanah Air di kalangan pemuda sebagai salah satu unsur generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa.

"Selain itu juga guna meningkatkan kesadaran nasional di kalangan pemuda untuk dapat mensyukuri dan mengisi nikmat kemerdekaan serta mempertahankan NKRI," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan sikap tertib dan disiplin serta jiwa kepemimpinan, mempersiapkan Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke 70 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Secara keseluruhan kegiatan pelatihan sudah dimulai sejak Juni dan Juli di halaman Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kemudian mulai 3 sampai 18 Agustus Pasukan Paskibraka unsur pelajar di karantina di Youth Centre," katanya.

Arif mengatakan, pelatihan meliputi materi teori dan praktik baris berbaris dengan formasi Pelaksanaan Pengibaran maupun Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih.

"Materi lain yakni `public speaking`, pengembangan kepribadian, karakter dan motivasi, pembinaan budaya, kepemimpinan, penanggulangan bahaya narkoba, patriotisme dan nasionalisme, kebijakan umum pendidikan di Kabupaten Sleman, sistem pendekataqn desa bahagia dan mengenal bendera pusaka Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya," katanya.

Pelatih dan nara sumber dari Kodim 0732 Sleman, Lanud Asisutjipto, Lanal Yogyakarta, Polres Sleman, Korem 072 Pamungkas, PPI Sleman, BNNK Sleman, Dinas Budpar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman dalam sambutan yang dibacakan Sekda Sleman Sunartono selaku Inspektur upacara mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengambil nilai-nilai positif yang diperlukan guna mengembangkan kepribadian dan pembentukan karakter generasi muda.

"Selain itu dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin guna memberikan penampilan terbaik saat berlangsungnya Upacara Hari Peringatan Kemerdekaan," katanya.

Menurut dia, bimbingan dan pembinaan dari para pelatih merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental. Hal ini merupakan tantangan agar fisik dan mental yang selama ini telah terbentuk dalam semakin dapat diaktualisasikan baik dalam melaksanakan tugas menjadi Paskibraka maupun berkegiatan sosial di masyarakat.

"Paskibraka merupakan sebuah tim, yang saling bekerjasama guna terselenggaranya Upacara Hari Kemerdekaan yang khidmat dan lancar," katanya.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta.

V001
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024