Menag lepas kloter pertama haji Indonesia

id menag

Menag lepas kloter pertama haji Indonesia

Menteri Agama Luqman Hakim Syaifuddin (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melepas kelompok terbang pertama jamaah haji Indonesia yang berangkat dari embarkasi Pondok Gede, Jakarta, Jumat.

"Jangan terlalu memforsir atau memaksa diri dalam melakukan amalan-amalan utama saat berhaji," kata Lukman saat memberi pengarahan kepada jamaah haji.

Menurut dia, ada kecenderungan semangat beribadah yang sangat tinggi dari jamaah saat berada di Tanah Suci. Hal itu terkadang membuat mereka melakukan aktivitas yang merugikan kesehatan, misalnya kurang istirahat atau kurang konsumsi makanan sehat.

Kendati demikian, Menag Lukman enggan disebut membatasi ibadah jamaah haji. Dia hanya ingin menekankan pentingnya jamaah menjaga kesehatan karena rangkaian ibadah haji cukup lama dan menguras stamina.

Dengan kata lain, kata dia, jangan sampai memforsir diri dalam beribadah kemudian tidak dapat melaksanakan ibadah penting seperti wukuf.

"Apapun amalan haji adalah ibadah. Jangan pernah lupa dengan niat awal kita pergi ke Tanah Suci, karena kita sedang akan beribadah, puncaknya itu wukuf. Terlebih kloter awal ini akan lebih banyak waktu dari jamaah lainnya maka jangan terlalu diforsir," kata Lukman.

Di tempat yang sama, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan agar jamaah haji waspada terhadap penyebaran penyakit MERS-CoV yang kasusnya banyak ditemukan di Arab Saudi.

Beberapa yang harus diingat jamaah haji, kata Nila, seperti mnejalankan perilaku hidup sehat dan tidak terlalu dekat dengan unta karena berpotensi menjadi perantara penyebar MERS-CoV.

Selain itu, Nila meminta jamaah tidak mendatangi rumah sakit di Arab jika tidak benar-benar terpaksa. Alasannya, di RS terkadang justru menjadi tempat awal mula penyebaran MERS-CoV.
A061

    

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024