PPD Sleman tampilkan produk unggulan UMKM

id Sleman

PPD Sleman tampilkan produk unggulan UMKM

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara) - Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Isimewa Yogyakarta, di Gedung Serbaguna Sleman, 20 hingga 29 Mei menampilkan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah dari seluruh desa di wilayah setempat.

"Kami sengaja menampilkan produk UMKM maupun UKM dari masing-masing desa di Sleman, untuk membantu memperkenalkan produk mereka ke masyarakat luas," kata Ketua Panitia Pameran Potensi Daerah (PPD) Kabupaten Sleman 2016 Pustopo di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, penyelenggaraan pameran ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi produk daerah khususnya produk UKM serta sebagai tes pasar dalam rangka menghadapi pasar global.

"PPD ini selain untuk mengenalkan potensi produk daerah juga persiapan kami untuk menghadapi MEA," katanya.

Ia mengatakan, jumlah stand dalam PPD tahun ini sebanyak 263 unit, meliputi 30 stand di blok D diperuntukkan bagi pendidikan, 38 stand untuk produk pertanian, di Blok A sebagian besar diisi instansi seperti OJK, BPJS, dan bank.

"Sedangkan stand UMKM dari perwakilan tiap-tiap desa menempati Blok B dan E," katanya.

Dalam acara tersebut juga digelar karnaval usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Sabtu (21/5) sore dimulai dari simpang tiga Pangukkan, dan berakhir di Panggung Utama Pameran Potensi Daerah (PPD).

"Karnaval tersebut akan dijadikan sebagai ajang lomba UMKM dengan tiga kategori pemenang, antara lain juara penampilan terbaik, inovasi terbaik, dan koreografi terbaik," katanya.

Dalam pembukaan PPD tersebut juga ditampilkan tarian kreasi baru dengan tema "Parijotho" yang merupakan salah satu corak/motif batik Sleman.

"Untuk menarik pengunjung akan ditampilkan panggung terbuka dengan atraksi antara lain Festival Lomba Seni Nasional tingkat SD dan SMP2, lomba Seni Karawitan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK/MA3. Juga ada Gelar Seni Budaya 17 Kecamatan, aneka musik dari komunitas potensi Sleman," katanya.

Pustopo mengatakan, peserta PPD Sleman 2016 inu akan dilombakan dengan kriteria penilaian antara lain, tema? stand, "Lay Out" dan "Display Stand", komunikatif/informatif, keindahan dan pelayanan.?

"Dalam PPD disamping menonjolkan potensi dari UKM Sleman, di kawasan pameran juga akan dihiasi dengan hasil lomba penataan pekarangan berupa tanaman tabulan pot, hasil lomba menghias caping dan hasil lomba memedi sawah," katanya.



(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024