USD beri perhatian besar pendidikan integral

id usd

USD beri perhatian besar pendidikan integral

Universitas Sanata Dharma (Istimewa)

Yogyakarta (Antara) - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta memberikan perhatian besar pada pendidikan yang integral untuk mencapai keunggulan dalam akademik dan nilai-nilai humanistik.

"Dalam kesadaran itu seluruh pembelajaran di Universitas Sanata Dharma (USD) didesain untuk menumbuhkembangkan mahasiswa menjadi manusia yang cerdas dan humanis," kata Rektor USD Johanes Eka Prijatma di Yogyakarta, Minggu.

Di sela Festival dan Lomba Mural `Cerdas dan Humanis di Era Digital" dalam rangka Dies Natalis Ke-61 USD, Eka mengatakan proses pembelajaran di USD tidak hanya terjadi di ruang-ruang kelas tetapi juga di seluruh lingkungan kampus.

"Mahasiswa yang menempuh pendidikan di USD diharapkan juga memperoleh pengalaman belajar di lingkungan yang ideal, yang tidak hanya indah dan tertata baik (estetis) tetapi lingkungan yang mendukung penggalian nilai-nilai dan usaha transformasi masyarakat (etis)," katanya.

Beranjak dari kesadaran itu, kata dia, seni mural dipilih sebagai salah stu aktivitas yang ditujukan mencitakan lingkungan yang ideal bagi tumbuh kembangnya benih-benih penggerak perubahan di masyarakat.

Menurut dia, mural bukan sekadar memberikan sentuhan estetis lingkungan tetapi juga sarat dengan nilai-nilai etis yakni seruan kebenaran di tengah situasi keprihatinan masyarakat.

"USD juga menyadari bahwa melalui aktivitas mural, nilai-nilai justru digali, diolah, dan dilibati oleh mahasiswa dengan dinamis," kata Eka.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-61 USD FX Ouda Teda Ena mengatakan Festival dan Lomba Mural itu bertujuan menyediakan media refleksi dan ekspresi bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan USD serta pelajar, masyarakat, dan komunitas seni mural.

"Kegiatan yang digelar di Kampus III USD itu juga untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang ideal bagi tumbuh kembangnya karakter cerdas dan humanis mahasiswa USD," kata Ouda.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024