Bupati Sleman resmikan 11 gedung baru

id Bupati sleman

Bupati Sleman resmikan 11 gedung baru

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto Antara/Wahyu Putro)

Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meresmikan sebanyak 11 gedung baru yang telah selesai pembangunannya, Selasa.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di gedung baru Pasar Sleman.

Sri Purnomo mengatakanf peresmian gedung baru ini merupakan hasil pembangunan fisik yang selesai pada semester kedua 2016.

"Pembangunan ini merupakan bukti komitmen dan upaya nyata dari Pemkab Sleman dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Dengan gedung yang representatif, diharapkan pelayanan pada masyarakat akan semakin cepat, nyaman, dan mudah," katanya.

Pelaksanaan pembangunan meliputi gedung baru Markas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Godean, Pasar Sleman Unit II, Perpustakaan SMK Negeri 1 Cangkringan, Puskesmas Rawat Inap Godean I, Seyegan, Berbah, dan Puskesmas Tempel I.

Selain itu pembangunan penambahan ruang di Puskesmas Kalasan dan Puskesmas Gamping II. Untuk kantor kecamatan yaitu Kantor Kecamatan Kalasan dan Mlati.

"Sampai 2016 ini Pemkab Sleman telah menyelesaikan pembangunan 10 kantor kecamatan dari 17 kantor kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Purnomo menambahkan bahwa dapat dirasakan bersama adanya pertumbuhan permukiman dan sektor jasa di wilayah Kabupaten Sleman bergerak dengan relatif cepat.

"Konsekuensi logis dari pertumbuhan tersebut adalah pemerintah daerah harus mampu mengimbangi dengan pemberian pelayanan yang prima, baik dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, pelayanan administrasi, maupun pelayanan jika terjadi kebencanaan," katanya.

Kepala Bagian Administrasi dan Pengendalian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Sungkana mengatakan, dari data APBD Tahun 2016, Anggaran Belanja Langsung sejumlah Rp1,07 triliun dan sekitar Rp911 miliar atau 84,79 persen merupakan pengeluaran dalam rangka pengadaan barang dan jasa serta belanja modal.

"Penyerapan anggaran sampai Triwulan I sebesar 7,02 persen, sampai Triwulan II sebesar 28,54 persen, sampai Triwulan III sebesar 45,95 persen dan sampai Triwulan IV hingga 22 Desember sebesar 90,21 persen," katanya.

Ia mengatakan, sebelas gedung tersebut terdiri dari prasarana perekonomian pada Pasar Sleman Unit II dengan total danaRp32,799 miliar yang dilaksanakan dalam tahap tiga (2014-2016), prasarana pendidikan pada ruang perpustakaan SMKN 1 Cangkringan senilai Rp318,43 juta.

"Kemudian prasarana kesehatan meliputi puskemas rawat inap Godean I Rp3,53 miliar, Kalasan Rp1,924 miliar, Berbah Rp1,985 miliar, Seyegan Rp3.,688 miliar, Tempel I Rp4,28 miliar, Gamping II Rp2,437 miliar," katanya.

Ia mengatakan, untuk pembangunan prasarana pelayanan pemerintahan gedung kantor Kecamatan Kalasan Rp3,8 miliar., Kecamatan Mlati Rp3,69 miliar dan Gedung Markas Pemadam Kebakaran Rp3,341 miliar.

Pada peresmian tersebut Bupati Sleman juga secara simbolis menyerahkan kunci gedung baru serta penyerahan surat izin tempat usaha bagi para pedagang yang akan menempati los Pasar Sleman Unit II.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024