Film "Soegija" kemasan Holywood rasa nusantara

id film soegija kemasan holywood

Film "Soegija" kemasan Holywood rasa nusantara

Dialog tentang Film "Soegija" (Foto antarafoto.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Setelah sebelumnya dimanjakan dengan film yang menembus pasar internasional seperti "The Raid", para pecinta film siap disuguhi dengan film "Soegija" karya sineas asli tanah air yang akan meramaikan bioskop Indonesia.

"Film ini sarat dengan kontinuitas, sisi artistik, dan akting para pemain yang sangat berkarakter seperti film buatan Holywood, tapi tetap menonjolkan sisi Indonesia terutama dalam musiknya," kata Sutradara Film "Soegija", Garin Nugroho, dalam diskusi tentang film tersebut di Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis.

Film bertema kemanusiaan yang mengisahkan tentang pahlawan nasional Mgr. Soegijapranata itu mengambil latar pada jaman perang kemerdekaan (1940-1949) dengan banyak pemeran pendatang baru yang harus melewati proses casting ketat.

Tokoh Soegijapranata sendiri akan diperankan oleh Nirwan Dewanto dengan dukungan sejumlah nama seperti Annisa Hertami, Andrea Reva, Olga Lydia, Butet Kertarajasa, dan sejumlah bintang luar negeri asal Belanda dan Jepang.

"Total pemain yang dilibatkan ada 2.275, saya sendiri susah menentukan tokoh-tokohnya. Agak selektif karena harus melihat kemiripan wajah dengan tokoh yang diperankan," kata Garin.

Menurut Garin, film yang menghabiskan biaya hingga 12 miliar rupiah itu berbeda dengan beberapa filmnya yang lain seperti "Opera Jawa" atau "Puisi Tak Terkuburkan" yang memang diperuntukkan bagi pasar Eropa dan beberapa festival film di sana.

"Ketika saya akan membuat film ini semua orang berpikir filmnya akan sulit dimengerti, tetapi setelah mereka melihat proses pembuatan filmnya hal itu tidak terbukti," kata Garin.

Garin mengatakan perbedaan dalam setiap karyanya memiliki alasan yang kuat yaitu tergantung pada tujuan pembuatan film tersebut, sehingga tentu akan berbeda juga pasar penontonnya.

"Film ini untuk semua masyarakat Indonesia, bukan bagi umat Katolik saja, karena sisi kemanusiaannya yang lebih ditonjolkan," kata Garin.

"Soegija" akan mulai diputar pada 7 Juni 2012 di seluruh bioskop 21 tanah air, sementara informasi tambahan mengenai film bisa diakses melalui laman www.soegijathemovie.com.

(P012)