"Laskar Pelangi" peroleh sambutan hangat di Brazil

id laskar pelangi peroleh sambutan hangat

"Laskar Pelangi" peroleh sambutan hangat di Brazil

Andrea Hirata (Foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Novel mengenai perjuangan 10 anak-anak dari Pulau Belitong dalam menggapai pendidikan, "Laskar Pelangi", mendapat sambutan hangat di Brazil.

Penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata di Jakarta, Minggu, mengatakan novel tersebut diterbitkan oleh penerbit ternama negeri itu, Editora Sextante, yang juga menerbitkan karya-karya sastrawan besar dunia seperti Paulo Coelho, Mitch Albom, Nicholas Sparks bahkan Harlan Coben.

"Alhamdullilah, 'Laskar Pelangi' edisi Brazil sudah terbit dalam bahasa Portugis dengan judul 'Guerreiros da Esperanca'," kata Andrea.

Bahkan koran terbesar di Brazil, O Globo, dalam "review"-nya mengatakan "Laskar Pelangi" adalah karya sastra Indonesia yang mengejutkan.

Menurut dia, Brazil merupakan "gerbang emas" untuk penerbitan novel-novelnya pada tahap selanjutnya Amerika Selatan. "Apalagi, masyarakat Brazil yang menggemari sastra serta banyaknya penulis kelas dunia yang berasal dari Brazil, menyebabkan negara itu menjadi semacam indikator bagi sastra Amerika Selatan," kata Andrea.

Hingga saat ini, kata dia, novel tersebut telah diterbitkan di 22 negara dalam 19 bahasa. Penerjemahanan novel itu sedang berlangsung ke dalam lebih dari 30 bahasa asing.

Penerbit kelas dunia lainnya yang akan menerbitkan Laskar pelangi adalah Random House untuk distribusi Australia, dan Selandia Baru, serta penerbit Penguin International.

Adrea berharap akan semakin banyak sastrawan Indonesia yang karyanya diterbitkan penerbit mancanegara.

(I025)