Pawai Budaya Nusantara warnai Festival Mahakam 2013

id pawai budaya nusantara

Pawai Budaya Nusantara warnai Festival Mahakam 2013

Ritual Hudoq Kawit atau mengait roh pada Festival Mahakam ke-12 di Samarinda (Foto antaranews.com)

Samarinda (Antara Jogja) - Pawai Budaya Nusantara yang menampilkan berbagai kesenian daerah akan mewarnai pelaksanaan Festival Mahakam 2013.

"Pelaksanaan Festival Mahakam 2013 akan kembali diwarnai Pawai Budaya Nusantara yang akan digelar pada Minggu, 3 November 2013, bersamaan dengan diselenggarakannya Parade Hudoq se-Kaltim dan lomba drum band," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal, Kamis.

Salah satu tujuan terselenggaranya Festival Mahakam menurut HM Faisal yakni, sebagai upaya melestarikan seni budaya bangsa, sehingga pelaksanaan Pawai Budaya Nusantara tersebut tidak bisa dipisahkan dari kegiatan tahunan Pemkot Samarinda ini.

"Bukan itu saja, kami juga kembali gelar Lomba Tari Kreasi Daerah, masing-masing dengan kategori Lomba Tari Pedalaman dan Lomba Tari Pesisir yang digelar mulai 1-2 November 2013 di samping Islamic Center Samarinda," katanya.

"Khusus Lomba Tari Daerah ini, juaranya kelak akan kami kirim sebagai wakil Kota Samarinda pada acara Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2013 tingkat Propinsi Kaltim," ungkap HM Faisal.

Sementara, untuk upacara Hudoq Kawit kata Koordinator acara Hudoq Kawit, Agnes Gering akan digelar sepanjang hari Minggu (3/11) dan puncaknya berlangsung pada malam hari di halaman Kantor Gubernur Kaltim,
   
"Upacara Hudoq Kawit digelar tahun ini pada hari Minggu mulai pagi hari hingga puncaknya pada malam hari pada 3 November 2013. Upacara kali ini dikemas dengan kolaborasi beberapa suku etnis yang ada di Kota Samarinda," kata Agnes Gering.

"Parade Hudoq kali ini akan diikuti dari etnis Dayak dari seluruh Kalimantan Timur, bahkan saudara-saudara kami dari Kalbar telah menyatakan siap hadir memeriahkan rangkaian acara Festival Mahakam ini. Kami berharap, parade Hudog 2013 lebih meriah dibanding 2012 yang dihadiri 1.000 Hudog di Samarinda," kata Agnes Gering.

(A053)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024