IPB terjunkan ratusan mahasiswa periksa hewan kurban

id kampus ipb bogor

IPB terjunkan ratusan mahasiswa periksa hewan kurban

Kampus IPB Bogor (www.kampus-info.com)

Bogor (Antara Jogja) - Institut Pertanian Bogor menerjunkan ratusan mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) guna membantu memeriksa kesehatan hewan dan daging kurban pada Hari Raya Haji 2013.

"Pada Idul Adha ini kami menurunkan sebanyak 617 mahasiswa FKH dan jumlah dosen yang terlibat pada kegiatan ini sebanyak 39 orang," kata Dekan FKH IPB drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D., P.A.Vet.(K) di Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa mahasiswa dan dosen tersebut akan ditugaskan ke daerah-daerah di enam wilayah Provinsi DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, daerah sekitar Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

Adapun perinciannya, sebanyak 292 orang akan bertugas di Provinsi DKI Jakarta, delapan orang di Kepulauan Seribu, 121 orang berada di Kota Bogor, dan 100 orang di Kabupaten Bogor, serta 75 orang di Kota Depok.

"Khusus Kota Bogor dan DKI Jakarta akan diberangkatkan pada hari-H," katanya.

Mereka yang akan bertugas itu, lanjut dia, telah diberikan pembekalan teknis pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban, baik teori dan praktik, sehingga mereka memiliki cukup bekal untuk dapat melaksanakan pemeriksaan hewan dan daging kurban secara mandiri dan profesional.

Mengenai keberadaan staf pengajar dan mahasiswa IPB dalam tugas semacam itu, kata dia, diharapkan dapat membantu petugas pemerintah di lapangan.

"Ini satu bukti bahwa FKH IPB berkiprah tidak hanya untuk kesehatan hewan, namun juga untuk kesehatan manusia dan lingkungan sekitar," katanya.

Secara "basic", kata dia, sebetulnya pendidikan di Kedokteraan Hewan sudah menganut kaidah "One Health" yang saat ini sedang digalakkan.

Kepada mahasiswa yang akan terjun ke lapangan, Srihadi Agungpriyono memberikan pesan untuk dapat melakukan tugas dengan baik, menjaga nama almamater, bertindak dengan profesi, menjunjung tinggi etika, dan berlaku sopan di tengah masyarakat.

Menurut dia, melalui kegiatan itu, paling tidak ada dua hal yang didapatkan oleh mahasiswa. Pertama, pembelajaran langsung di lapangan yang penting bagi peningkatan kemampuan dan "skill".

"Kedua, ini bernilai ibadah karena Anda membantu masyarakat. Jadi, Anda berbuat banyak kebaikan dan hendaknya diniatkan bahwa  pelaksanaannya memang diupayakan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain," katanya kepada staf pengajar dan mahasiswa IPB yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu, Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto saat melepasan staf pengajar dan mahasiswa FKH IPB untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban di Kampus IPB Darmaga juga memberikan arahan agar tugas itu dilaksanakan dengan baik.

 "Kegiatan ini merupakan salah satu wujud tridarma perguruan tinggi, yaitu bidang pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Pelepasan dilakukan secara simbolik dengan menyematkan jas putih dan peralatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

(A035)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024