Polda siapkan operasi "Mantap Brata" kawal pemilu

id polda siapkan operasi

Polda siapkan operasi "Mantap Brata" kawal pemilu

Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta siap menggelar Operasi Mantap Brata dalam rangka mengawal Pemilihan Umum 2014 di daerah setempat.

"Tentunya kami sudah siap mengamankan melalui Operasi Mantap Brata untuk mendukung kelancaran Pemilu 2014," kata Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Brigjen Pol Haka Astana kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pengawasan oleh kepolisian akan secara intensif dipusatkan pada tahapan inti pemilu. Tahapan itu antara lain meliputi masa kampanye, masa tenang, masa pemungutan suara hingga masa pelantikan calon terpilih.

"Namun sebenarnya saat ini kami juga sudah siap siaga menyusul potensi konflik penyusunan daftar pemilih tetap (DPT)," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam Operasi Mantap Brata personel kepolisian juga akan disiagakan untuk mengawal pendistribusian logistik Pemilu yang akan dimulai pada Januari 2014.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY terkait pengamanan logistik. Dari Polda DIY, telah menyiapkan manuver dan tugas pokoknya secara rinci," katanya.

Ia menambahkan Operasi Mantap Brata untuk Pemilu 2014 kurang lebih akan menerjunkan dua per tiga kekuatan. Hal itu juga akan menyesuaikan kondisi kebutuhan di lapangan yang dikoordinasikan dengan KPU DIY.

"Kami juga menyiapkan cadangan yang akan disiagakan di markas. Sewaktu-waktu akan kami turunkan apabila dibutuhkan," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024