Korem 072/Pamungkas asistensi Bhakti Sosial TNI

id korem 072/Pamungkas asistensi

Korem 072/Pamungkas asistensi Bhakti Sosial TNI

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan (Foto antarayogya.com)

Sleman (Antara Jogja) - Komando Resor Militer 072/Pamungkas Yogyakarta melakukan asistensi pelaksanaan Bhakti Sosial TNI-Keluarga Berencana dan Kesehatan Terpadu yang berlangsung di Padukuhan Jamblangan, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol Inf Bambang Yudi.S.Sos mengatakan, tujuan diadakannya Asistensi Bhakti Sosial KB. Kes terpadu adalah untuk memberikan gambaran jajaran garis komando atas pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal KB. Kes terpadu dalam kurun waktu enam bulan mulai 1 Mei sampai dengan 31 Oktober 2014 di Wilayah Kodim 0732 Sleman. "Pelaksanaan kegiatan ini merupakan momen untuk evaluasi guna peningkatan pada kegiatan selanjutnya," katanya.

Tim penilaian Asistensi Bhakti Sosial KB.Kes terpadu tingkat DIY 2014 yang dipimpin Mayor Widodo dari Korem 072/Pamungkas diterima Asisten Bupati Sleman Bidang Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Suyamsih.

"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan momen yang sangat tepat untuk semakin mempererat kerjasama dan kemitraan dalam pembangunan di Kabupaten Sleman," kata Suyamsih.

Menurut dia, berdasarkan pendataan bidang keluarga berencana pada 2013 jumlah jumlah jiwa dalam setiap keluarga yaitu 3,3 jiwa. "Jumlah jiwa dalam setiap keluarga tersebut memang menurun dari 2012 yaitu 3,7 namun demikian, kita tidak boleh terlena dengan penurunan jumlah tersebut mengingat tantangan dalam mengendalikan jumlah penduduk di Sleman ini tidaklah ringan," katanya.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat Sleman dalam melaksanakan program KB semakin tinggi. Pada tahun ini hingga Agustus, peserta KB baru mencapai 80 persen, dan pencapaian peserta KB aktif telah mencapai 100 persen.

"Keberhasilan pelaksanaan program KB di Sleman tersebut tidak terlepas dari peran para kader dan Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP) di tingkat desa ke bawah. Untuk itu kami ucapkan terimakasih atas peran serta semua pihak termasuk PPKBD 86 desa dan sub-PPKBD yang berjumlah 1.340 yang telah aktif memotivasi masyarakat baik kaum wanita maupun kaum pria untuk ber-KB," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024