Dispar DIY imbau wisatawan manfaatkan Posko Lebaran

id posko mudik lebaran

Dispar DIY imbau wisatawan manfaatkan Posko Lebaran

Ilustrasi, petugas Posko Lebaran 2015. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau wisatawan atau masyarakat dari luar kota memanfaatkan posko Lebaran untuk mengetahui informasi seputar objek wisata.

"Kami berharap masyarakat luar kota atau wisatawan memanfaatkan posko Lebaran yang telah disediakan guna memperoleh penjelasan mengenai destinasi wisata di DIY," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Imam Patandi di Yogyakarta, Senin.

Menurut Imam, posko Lebaran akan ditempatkan di seluruh titik strategis seperti di kawasan simpang empat Tugu Yogyakarta, Bandara Adisutjipto, serta di "Tourist Information Center" (TIC) di kompleks Kantor Dispar DIY akan mulai beroperasi pada 16 Juli- 21 Juli 2015.

Ia mengatakan, dengan memperoleh informasi dari posko Lebaran tersebut, wisatawan diharapkan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, melainkan juga dapat mengunjungi puluhan objek wisata alternatif lainnya di kota gudeg itu.

"Kepada petugas yang ada di posko Lebaran, kami minta untuk menawarkan objek-objek alternatif selain yang sudah sering dikunjungi seperti keraton ataupun Taman Pintar," kata dia.

Objek wisata yang kerap kali dikunjungi wisatawan selama ini, menurut dia, misalnya Candi Borobudur, Prambanan, kebun binatang Gembira Loka, Taman Pintar, serta Wisata Keraton Yogyakarta.

"Padahal, masih banyak alternatif objek wisata lainnya seperti Gunung Nglanggeran, Gua Pindul dan Pantai Baron," kata dia.

Selain itu, menurut dia, para wisatawan Lebaran juga dapat mengunjungi keindahan puluhan desa wisata yang tersebar di Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

"Menyambut Lebaran ini kami juga telah memberikan penguatan kesiapan komunitas yang mengelola masing-masing desa wisata," kata dia.***1***

(L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024