Simalungun matangkan rencana Kereta Api Danau Toba

id Simalungun matangkan rencana Kereta Api Danau Toba

Simalungun matangkan rencana Kereta Api Danau Toba

Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/Spt/17)

Simalungun, Sumatera Utara (Antara) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mematangkan rencana pembukaan jalur rel kereta api ke kawasan Danau Toba untuk mendukung pengembangan pariwisata.

"Kemarin, Bupati Simalungun dan pihak PT KAI sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman) di Bandung, Jawa Barat, " kata Kepala Bappeda Kabupaten Simalungun Sarimuda Purba di Simalungun, Jumat.

Secara umum, nota kesepahaman itu tentang pengembangan kawasan Danau Toba dan pemanfaatan lahan di Kabupaten Simalungun untuk jalur perkeretaapian.

Untuk langkah selanjutnya, Pemerintahan Kabupaten Simalungun akan berkoordinasi dengan Kementerian  Perhubungan. Pemerintah setempat ikut serta dalam menentukan lokasi lintasan rel kereta api tersebut.

Ia mengharapkan pembukaan jalur kereta api dimulai dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, melintasi sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun itu, mampu mengekspose objek-objek wisata sekitarnya.

Sarimuda menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk mengembangkan kawasan Danau Toba dengan mendukung pembangunan sarana dan prasarana secara memadai. ***1***(KR-WRS)