Panwaslu Bantul terjunkan panwascam bantu verifikasi berkas

Pewarta : id Panwaslu

Kantor Panwaslu Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta segera menerjunkan tenaga panitia pengawas kecamatan untuk membantu proses verifikasi berkas pendaftaran peserta Pemilu 2019.

"Petugas panwascam akan langsung bertugas ke lapangan untuk membantu proses verifikasi berkas dari partai politik yang kemarin di serahkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata Ketua Panwaslu Bantul Supardi usai melantik anggota Panwascam se-Bantul di Bantul, Selasa.

Menurut dia, ada sebanyak 51 tenaga Panwascam se-Bantul yang dilantik dan diambil sumpahnya pada Selasa (14/11) setelah melalui seleksi, untuk kemudian mereka akan bertugas mulai 15 November bertepatan dengan pleno hasil klarifikasi faktual atas berkas pendaftaran Pemilu ke KPU Bantul.

Ia mengatakan, proses verifikasi lapangan oleh petugas panwascam di 17 kecamatan (masing-masing kecamatan tiga orang) rencananya akan dilakukan setelah tahapan pleno klarifikasi di KPU Bantul selesai.

Sementara itu, pada kesempatan itu, Supardi mengatakan terhitung sejak 14 November semua panwascam sudah resmi memangku jabatan dan amanah sebagai penyelanggara pemilu khususnya pada jajaran pemilu di tingkat kecamatan se-Bantul.

"Semua saat ini sudah terikat sebagai salah satu anggota dari lembaga yang dibentuk dengan UU resmi yang ada di negara kita, kalian tidak boleh main-main lagi dengan jabatan yang diemban mulai saat ini," katanya.

Ia mengatakan, semua anggota panwascam mempunyai tugas berat dalam mengawal dan mengawasi jalannya pemilu, dan tidak akan memberikan kompromi kepada pihak siapapun kalau itu sudah dinyatakan melanggar, dan tetap akan ditindaklanjuti.

"Seperti dalam proses penyelenggaran Pilkada Bantul lalu kami harus menindaklanjuti, sekalipun itu dari jajaran kami pihak pengawas, kalau terindikasi melakukan pelanggaran kami juga harus meneruskan atau menindaklanjuti kaitannya penanganan pelanggaran," katanya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Bantul Suharsono yang dibacakan Staf Ahli Bupati Suwito memberikan selamat atas terpilihnya anggota panwascam se-Bantul, dan berharap bisa mengemban tugas dan amanah dengan baik.

"Setiap petugas panwascam harus amanah, punya integritas dan etika sehingga bisa terselenggara prinsip netralitas dalam pemilu, juga harus bekerja profesional dengah tidak terikat pada kepentingan politik tertantu," katanya.

(KR-HRI)
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar