Sekda Sleman: HKSN bangkitkan semangat gotong royong

id Sekda Sleman: HKSN bangkitkan semangat gotong royong

Sekda Sleman: HKSN bangkitkan semangat gotong royong

Branding Kabupaten Sleman "Sleman The Living Culture" (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Sleman, (Antara Jogja) - Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati untuk membangkitkan kembali semangat persatuan, kegotong-royongan, kekeluargaan dan, bahu membahu antarwarga, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi.

"Peringatan HKSN diharapkan mampu menggugah rasa empati kepada orang lain yang diwujudkan dengan aksi nyata," kata Sumadi pada saresehan HKSN yang digelar Dinas Sosial Kabupaten Sleman di Sleman, Rabu.

Menurut dia, akhir-akhir ini terjadi banyak musibah akibat cuaca ekstrem. Masyarakat diharapkan untuk turut serta dalam pertolongan kebencanaan ini. "Baik di wilayah kita sendiri, ataupun di kabupaten lain," katanya.

Ia mengatakan, budaya gotong royong di Kabupaten Sleman merupakan karakter masyarakat yang harus dipertahankan. Sudah banyak daerah lain yang mengapresiasi sikap empati dan budaya gotong royong masyarakat Kabupaten Sleman.

"Kegotong-royongan, kebersamaan, kekompakan masyarakat dalam mengatasi permasalahan-permasalahan di Kabupaten Sleman ini telah menjadi acuan dan diapresiasi daerah-daerah lain, salah satunya Pemerintah Kota Kagoshima, Jepang, yang berkunjung ke Sleman beberapa waktu yang lalu," katanya.

Kepala?Dinas Sosial?Kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan acara tersebut diharapkan dapat menjalin persatuan antar masyarakat.

"Peringatan HKSN diharapkan mampu menggugah empati terhadap orang lain untuk menangani permasalahan kesejahteraan sosial. Selain itu, peringatan HKSN tersebut juga memiliki tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan memperluas wawasan kebangsaan melalui mitra jejaring sosial," katanya.

Sarasehan tersebut diikuti 500 peserta yang terdiri dari berbagai elemen, di antaranya SKPD terkait, Pekerja Sosial Masyarakat, Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat??(WKSBM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS),? Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Tenaga Pelopor Perdamaian, dan Duta HIV AIDS.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024