Jumlah Penumpang bus di Giwangan diperkirakan turun

id Giwangan

Jumlah Penumpang bus di Giwangan diperkirakan turun

Ilustrasi, Terminal Giwangan (ANTARA FOTO)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Jumlah penumpang bus, baik yang berangkat maupun datang di Terminal Giwangan Yogyakarta selama libur Natal dan Tahun Baru 2018 diperkirakan mengalami penurunan sekitar tiga persen dibanding tahun lalu.

"Perkiraan ini didasarkan pada kecenderungan jumlah penumpang selama Natal dan Tahun Baru dalam lima tahun terakhir yang mengalami penurunan," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, rata-rata jumlah penumpang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada tahun ini hanya akan mencapai 16.575 orang atau berkurang 3,2 persen dibanding rata-rata penumpang tahun lalu sebanyak 17.130 orang.

Sedangkan penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta diperkirakan berkurang 3,4 persen dibanding tahun lalu yaitu dari 16.552 orang menjadi 15.956 penumpang.

Pengurangan jumlah penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta juga akan berpengaruh terhadap jumlah bus yang datang maupun diberangkatkan dari terminal tersebut.

Pengaruh terbesar akan dirasakan oleh bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dengan pengurangan sekitar 13 persen, sedangkan untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) akan mengalami pengurangan sekitar tiga persen.

Bekti mengatakan, penurunan jumlah penumpang bus dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya, calon penumpang lebih memilih moda transportasi lain seperti kereta api, pesawat hingga kendaraan pribadi.

Oleh karena itu, lanjut dia, pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, Terminal Giwangan Yogyakarta tidak menyiapkan armada bus cadangan. "Jika ada penumpukan penumpang, maka kami baru akan berkoordinasi dengan Organda untuk menyediakan bus tambahan," katanya.

Pada tahun ini, lanjut Bekti, juga akan ada 15 bus yang membawa sekitar 600 penumpang dari Jakarta yang mengikuti program mudik gratis Jasa Rahardja yang tiba di Terminal Giwangan pada Minggu (24/12).

Sedangkan puncak kedatangan penumpang pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 di Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada Sabtu (23/12) dan puncak keberangkatan terjadi pada 2 Januari. ***1***



(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024