Menteri Rini minta BUMN di daerah tingkatkan sinergi

id menteri rini,bumn,sinergi

Menteri Rini minta BUMN di daerah tingkatkan sinergi

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) memeberikan paparan dalam acara dialog Menteri BUMN bersama perwakilan BUMN yang ada di DIY di Fisipol UGM, Yogyakarta, Sabtu (24/2) (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno meminta seluruh perwakilan Badan Usaha Milik Negara di daerah dapat meningkatkan sinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Saya mohon kepala cabang atau perwakilan BUMN di daerah bisa saling memupuk rasa persaudaraan. Meskipun berbeda-beda, ada yang `gemuk` atau `kurus`, pada dasarnya semua satu keluarga," kata Menteri Rini Soemarno dalam acara dialog Menteri BUMN bersama perwakilan BUMN yang ada di DIY di Fisipol UGM, Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Rini, selama ini sinergi antar-BUMN telah terbangun cukup kuat di level direksi. Meski demikian, hal serupa belum terbangun secara optimal hingga di tingkat perwakilan atau cabang di daerah.

"Saya menyadari di tingkat lapangan sampai ke bawah sinergi itu masih belum kuat," katanya.

Dengan meningkatkan rasa persaudaraan, kata Rini, antar-BUMN di daerah bisa saling mengisi dan mendorong apabila salah satu di antara BUMN ada yang masih belum maju.

Mereka bisa saling berbagi dan saling mencontoh apabila ditemukan sebuah terobosan. "Karena tujuannya satu yakni bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," katanya.

Sebagai sarana meningkatkan sinergi, menurut dia, antarpimpinan perwakilan BUMN di daerah dapat memanfaatkan aplikasi "Sobat BUMN". Melalui aplikasi itu, seluruh BUMN dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi BUMN secara dini sehingga respons dapat diupayakan secara cepat.

"Saya berharap aplikasi `Sobat BUMN` ini nantinya juga sekaligus menjadi sarana komunikasi yang efektif antar-BUMN ke depan," kata Rini.

Hadir dalam acara itu di antaranya pimpinan Divre Bulog DIY, PT PLN Area Yogyakarta, Perum LKBN Antara Biro D.I. Yogyakarta, PT Sucofindo, Cabang Askrindo Yogyakarta, Kantor POS Yogyakarta, Cabang Taspen Yogyakarta, PT Primissima (Persero) Yogyakarta, dan Waskita Karya Cabang Yogyakarta.

***3***

(T.L007) 24-02-2018 18:01:13