Dispar mengharapkan mahasiswa menjadi agen wisata yogyakarta

id objek wisata,yogyakarta

Pengunjung objek wisata Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (FOTO ANTARA/MAMIEK)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan mahasiswa di berbagai kampus di provinsi ini dapat menjadi agen pendukung promosi potensi wisata di daerah masing-masing.

"Kami berharap mereka (mahasiswa) bisa menjadi agen wisata di daerah masing-masing," kata Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Putu Kertiyasa di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, sebagian besar promosi wisata DIY selama ini diupayakan melalui berbagai pameran pariwisata baik di luar negeri maupun di kota-kota besar di Indonesia bersama Kementerian Pariwisata.?

Meski demikian, promosi pariwisata daerah perlu dilakukan bersama-sama, tidak cukup hanya dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY semata. Instansi pemerintahan lain, masyarakat, serta perguruan tinggi perlu terlibat aktif dalam promosi itu. "Oleh sebab itu masyarakat serta mahasiswa bisa ambil bagian mempromosikan potensi wisata DIY," kata dia.

Ia menyebutkan jumlah mahasiswa yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di DIY mencapai sekitar 300 ribu orang. Jumlah tersebut, menurut dia, cukup potensial untuk mendongkrak kunjungan wisata di DIY sekaligus memasarkan ke daerah asal masing-masing saat mereka lulus.

Dispar DIY pada 2018 menargetkan kunjungan wisata meningkat 10 persen dari realisasi kunjungan 2017 yang mencapai 397.000 untuk wisatawan mancanegara dan 4,7 juta untuk wisatawan nusantara.

Sebelumnya, Kepala Dispar DIY Aris Riyanta mengatakan pihaknya memang sedang menggencarkan promosi destinasi wisata baru, untuk meningkatkan kunjungan wisata baik domestik maupun mancanegara ke daerah tersebut pada tahun 2018.

Selain melalui berbagai event pameran di dalam negeri, promosi destinasi wisata baru antara lain akan diprioritaskan dalam setiap kunjungan ke negara-negara Asia maupun Eropa.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar