Harga beras di Bantul sesuai HET

id harga beras bantul

Harga beras di Bantul sesuai HET

Pedagang beras di pasar tradisional (Foto antarafoto.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan harga beras di tingkat pedagang pasar tradisional daerah ini sudah sesuai harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

"Alhamdulillah dari hasil pantauan kami di pasar-pasar, harga beras sudah sesuai bahkan di bawah HET di Bantul khususnya," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Selasa.

Menurut dia, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan harga beras dibedakan menjadi delapan wilayah dan khusus untuk kabupaten/kota DIY berada di wilayah 1, yaitu HET beras medium Rp9.450 per kg dan HET beras premium Rp12.800 per kg.

Ia mengatakan, harga beras di wilayah Bantul sesuai bahkan di bawah HET karena pengaruh ketersediaan beras di Bantul yang mencukupi kebutuhan, bahkan hingga akhir Maret dikehui stok beras masih sekitar 29 ribu ton.

Dengan kondisi Bantul yang komoditas beras harganya sesuai HET tersebut, menurut dia, kekhawatiran kenaikan harga beras di Bantul dan Yogyakarta tidak terjadi, meskipun di daerah lain ditengarai harganya di atas HET.

"Jadi beberapa waktu lalu kami rapat dengan tim dari Polda (Kepolisian Daerah) DIY untuk membahas ketersediaan stok beras kemudian HET-nya karena ditengarai harga masih di atas HET, namun di Bantul tidak," katanya.

Sementara itu, terkait dengan menghadapi bulan puasa 2018, pihaknya mulai mengintensifkan pengawasan perdagangan terkait dengan stabilisasi harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar-pasar tradisional.

Menurut dia, pemantauan stabilitasi dan ketersediaan kebutuhan pokok itu menindaklanjuti arahan dari tim Satuan Tugas (satgas) Pangan DIY agar seluruh kabupaten/kota di DIY mulai melakukan pemantauan di wilayah masing-masing.

"Tim pengawasan kebutuhan bahan pokok di internal Bantul sudah ke lapangan, dan akan intensif melakukan pengawasan perdagangan menjelang bulan puasa ini sampai setelah Lebaran nanti," katanya.