Pemotongan kurban RPH Giwangan penuh pada Idul Adha

id hewan kurban

Pemotongan kurban RPH Giwangan penuh pada Idul Adha

Ilustrasi (Foto Antara)

    Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Layanan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Giwangan Yogyakarta pada hari H, Idul Adha langsung penuh saat pendaftaran dibuka dan ada 52 ekor sapi yang akan disembelih. 
    “Jumlah tersebut sudah cukup banyak. Sebenarnya, jumlah maksimal sapi yang bisa kami tangani pada penyembelihan hari H Idul Adha hanya sekitar 40 ekor,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Minggu.
    Hal tersebut disebabkan banyak masyarakat yang menginginkan agar penyembelihan hewan kurban sudah bisa diselesaikan sebelum pukul 12.00 WIB karena masih harus dibagi-bagikan ke warga di lingkungan sekitar.
    Namun demikian, meskipun jumlah sapi yang akan disembelih pada hari H Idul Adha cukup banyak, Sugeng akan mengupayakan penyembelihan bisa diselesaikan sebelum tengah hari dengan memaksimalkan jumlah petugas di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan.
    “Kami juga akan dibantu oleh sekitar 30 tenaga pengulit sapi. Jika memungkinkan, akan coba kami tambah lagi,” kata Sugeng.
    Pada pelayanan hari H Idul Adha, sapi hanya akan dipotong menjadi enam bagian dan kemudian diserahkan ke takmir masjid yang akan membaginya menjadi bagian lebih kecil sebelum dibagikan ke masyarakat.
    RPH Giwangan memiliki dua “lane” penyembelihan sapi. Setiap jagal bisa melakukan penyembelihan dalam waktu lima menit, dengan proses penggiringan sapi dari kandang hingga “lane” penyembelihan sekitar 10 menit. 
    Seperti tahun sebelumnya, layanan penyembelihan hewan kurban di RPH Giwangan tidak akan dipungut biaya, namun hanya berlaku untuk warga Kota Yogyakarta saja. “Permintaan pemotongan dari luar Kota Yogyakarta akan dipungut biaya Rp30.000 per sapi,” katanya.
    Penyembelihan hewan kurban di RPH Giwangan akan dilayani selama empat hari. Pada hari kedua sudah ada sekitar 30 sapi yang akan disembelih, sedangkan pada hari ketiga dan keempat masih kosong.
    Layanan pada hari kedua hingga keempat, sapi bisa dipotong menjadi bagian-bagian lebih kecil karena penyembelihan dilakukan sejak pukul 24.00 WIB hingga 12.00 WIB.
    “Selain sapi, kami juga membuka layanana penyembelihan untuk kambing. Tetapi tidak masuk dalam penghitungan karena menyembelih kambing bisa dilakukan lebih cepat dan ditangani oleh satu tenaga saja,” katanya.
    Sugeng memperkirakan, akan aada sekitar 130 ekor sapi atau hewan kurban yang akan dipotong di RPH Giwangan pada tahun ini. “Daging hewan kurban yang disembelih di RPH Giwangan dijamin aman, sehat, utuh dan halal,” katanya. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024