Saut Situmorang ajak kampanye antikorupsi melalui lagu

id Saut situmorang

Saut Situmorang ajak kampanye antikorupsi melalui lagu

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto Antara)

 Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang mengatakan kampanye antikorupsi harus terus disampaikan melalui berbagai cara dan media, termasuk melalui lagu.
       "Lewat lagu kita arahkan untuk menyuarakan gerakan anti korupsi," kata Saut saat berbicara dalam diskusi Musikal Anti Korupsi yang digelar Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM, Yogyakarta, Senin.
       Dalam kesempatan itu, Saut turut membawakan sebuah lagu dari boy band One Direction berjudul Story of My Life dengan alat musik saxofon. 
      Dia menuturkan bahwa lagu tersebut sejalan dengan perjuangannya dalam melawan perilaku korupsi yang diibaratkan seperti "chasing the clouds" atau mengejar awan.
     "Saat memiliki cita-cita seperti mengejar awan, begitu pula saat mengejar koruptor itu layaknya mengejar awan yang tidak pernah berhenti," kata dia.
        Perilaku koruptif, menurut dia, muncul akibat lemahnya integritas dalam diri seseorang.
         Namun begitu, perilaku tidak terpuji ini dapat dihindari apabila dalam diri setiap individu melekat sembilan nilai pedoman hidup, seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, bernai, dan adil. "Kita di KPK mengembangkan 9 nilai ini," kata dia.
    Kesembilan nilai itu, kata dia, harus ada dalam diri setiap individu. Tidak hanya bisa menjauhkan dari perilaku korupsi saja, namun juga membuka peluang bagi generasi muda untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan, termasuk sebagai Ketua KPK.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024