Lulusan PPG diharapkan memiliki empat kompetensi

id UNY

Lulusan PPG diharapkan memiliki empat kompetensi

Kampus UNY (unycommunity.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Lulusan Program Profesi Guru diharapkan memiliki empat kompetensi yakni pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta Prof Margana.
     
"Para peserta Program Profesi Guru (PPG) silakan berkolaborasi untuk mencapai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial," kata Margana usai meninjau pelaksanaan Lokakarya PPG Dalam Jabatan Tahap II di Gedung Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis.
     
Ia mengatakan PPG Dalam Jabatan Tahap II di UNY terbagi dalam 53 rombongan belajar terdiri atas mata pelajaran sertifikasi tahap dua dan mata pelajaran sertifikasi guru daerah khusus.
     
"Peserta PPG Dalam Jabatan Tahap II sebanyak 1.408 orang yaitu mata pelajaran sertifikasi tahap dua terdiri atas 1.102 orang dan guru daerah khusus 306 orang," katanya.
     
Menurut dia, ada 27 program studi yang diselenggarakan dalam PPG Dalam Jabatan Tahap II di UNY di antaranya Program Studi Akuntansi, Matematika, Guru Kelas SD, serta Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga.
     
"Tahapan PPG itu dimulai dari pendalaman materi selama tiga bulan melalui 'online' atau dalam jaringan (daring). Selanjutnya dilakukan lokakarya pengetahuan selama lima minggu seperti yang kami tinjau pada hari ini," katanya.
     
Ia mengemukakan, tahap berikutnya adalah ujian pengetahuan dan yang lulus akan mengikuti PPL di sekolah mitra atau sekolah asal jika jarak antara sekolah asal dengan UNY di bawah 200 kilometer.
     
"Peserta yang lulus PPG berhak mendapat gelar S.Gur, dan menyandang gelar guru profesional," kata Margana.
    
Oleh karena itu, ia mengimbau para peserta PPG agar secara serius mengikuti lokakarya pengembangan pengetahuan sehingga dapat lulus uji pengetahuan.
     
"Hingga saat ini kegiatan PPG berjalan lancar dan baik dengan segala fasilitas yang telah dimiliki UNY untuk digunakan para peserta," kata Margana.
     
Saat meninjau pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahap II, Margana didampingi Kepala Biro UPK UNY Sukirdjo dan Staf Ahli Wakil Rektor I UNY Sulis Triyono.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024