KPU Bantul optimalkan empat gudang sortir lipat surat suara

id Sortir surat suara

ILUSTRASI - Petugas sedang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 untuk DPR RI di gudang KPU Kota Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati) (Eka Arifa Rusqiyati/)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengoptimalkan empat gudang untuk melakukan tahapan proses sortir dan lipat surat suara yang digunakan untuk Pemilu serentak 17 April 2019.

"Untuk surat suara nanti kami optimalkan empat gudang semuanya, jadi prosesnya nanti untuk sortir, lipat dan setting surat suara semuanya di gudang masing-masing," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, di gudang wilayah Desa Panggungharjo Sewon difungsikan untuk proses sortir dam lipat surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang hingga saat ini sudah berjalan selama beberapa hari sejak Kamis (14/3).

Kemudian gudang di Jalan Srandakan Pandak khusus untuk sortir dan lipat suara pasangan presiden dan wakil presiden, selanjutnya gudang di halaman KPU Bantul khusus untuk sortir lipat surat suara anggota DPRD kabupaten.

"Kemudian gudang di Code Trirenggo khusus untuk surat suara DPRD provinsi. Kemudian surat suara anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) menyusul masuk ke gudang Sewon bersama surat suara DPR RI," katanya.

Dia mengatakan, masing-masing gudang sudah mempertimbangkan kapasitas ruangan, yang mana setiap surat suara berjumlah sebanyak daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dua persen cadangan, seperti surat suara DPR yang telah diterima sebanyak 721.150 lembar.

Selain untuk proses sortir dan lipat surat suara, kata dia, di gudang tersebut juga digunakan untuk menyimpan kotak suara karton yang sudah dirakit beberapa waktu lalu. Setiap gudang terdapat sebanyak 3.040 kotak sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) se-Bantul.

"Khusus untuk gudang di Sewon kan cukup luas, jadi dari sisi kotak semua sudah bisa masuk sebanyak 6.080 kotak (untuk DPR dan DPD), atau jumlahnya dua kali lipat dari masing-masing gudang lainnya," katanya.

Dia mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara tiap jenisnya ditargetkan selesai selama 14 hari, namun sambil menyelesaikan tahapan sortir lipat surat suara DPR, pihaknya menunggu distribusi surat suara jenis lainnya.

"Maksimal 14 hari, makanya kami akan coba hitung per hari dapat berapa ribu lembar, karena beban masing-masing surat suara sebanyak 721.150 lembar, jadi kami dengan 45 tenaga untuk sortir lipat surat suara DPR ini bisa untuk menjadi acuan," katanya.***2***
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar