Bupati Bantul mengharapkan linmas bekerja optimal

id Linmas Bantul

Bupati Bantul Suharsono dalam acara Apel Siaga Linmas dalam rangka Menghadapi Pemilu 2019 (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengharapkan semua anggota perlindungan masyarakat di daerah ini  bekerja optimal untuk menyukseskan Pemilihan Umum 2019.

"Linmas memiliki tanggung jawab terhadap suksesnya Pemilu  2019," katanya dalam acara Apel Siaga Linmas Menghadapi Pelaksanaan Pemilu 2019 di Bantul, Selasa.

"Oleh karena itu semua anggota linmas saya harapkan mengoptimalkan deteksi dinii di wilayah masing-masing menjelang pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Menurut dia, optimalisasi pencegahan dan deteksi dini perlu dilakukan karena dalam tahapan Pemilu 2019 muncul berbagai kerawanan seperti penyebaran berita bohong (hoaks) dan kerawanan lain.

Bupati mengatakan linmas harus menumbuhkan gotong royong antarsesama maupun dengan anggota kepolisian sektor (polsek) dan koramil setempat, sebab linmas ikut bertanggung jawab dalam pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS).

"Kalau perlu lakukan simulasi pengamanan, tingkatkan koordinasi dan komunikasi secara intens dengan TNI dan Polri sehingga di lapangan nanti bisa langsung bergerak dan aksi serta tidak salah bertindak," katanya.

Bupati meminta linmas selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebar hoaks, ujaran kebencian, dan fitnah, namun hadirkan pemilu yang aman, damai, dan demokratis., termasuk  menjaga Bantul dari segala tindakan yang memecah belah persatuan.

"Mari kita jadikan Bantul sebagai barometer  yang positif bagi pelaksanaan pemilu, karena selama ini pelaksanaan Pemilu di Bantul selalu aman dan berjalan sesuai tahapan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," katanya.

Bupati mengatakan, anggota Linmas merupakan masyarakat yang juga memiliki hak pilih, namun demikian tetap harus netral dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta tidak terlibat langsung dalam kampanye mendukung salah satu calon.

"Netralitas ini penting, karena linmas nantinya akan bertugas pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sampai hasil penghitungan diserahkan  ke PPS, ini perlu loyalitas, dedikasi dan kejujuran, oleh karenanya netralitas itu perlu dijunjung," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul Yulius Suharta, apel siaga yang diikuti 450 anggota Linmas ini bertujuan memberikan pemahaman kepada anggota Linmas Desa tentang Undang-undang Pemilu, serta keterampilan dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilu.

"Sinergitas antara KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dalam melaksanakan Pemilu, merupakan hal pokok untuk mendapatkan hasil Pemilu yang kredibel dan berintegritas," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar