Perpustakaan Desa Balecatur Sleman menjuarai lomba tingkat nasional

id perpustakaan desa balecatur,perpustakaan desa sleman,lomba perpustakaan desa

Perpustakaan Desa Balecatur Sleman menjuarai lomba tingkat nasional

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Ayu Laksmidewi, Kepala Desa Balecatur Sebrat dan Kepala Perpustakaan Desa Balecatur Probowo Wulantopo saat menerima sertifikat penghargaan sebagai pemenang lomba perpustakaan desa tingkat nasional. (HO)

Sleman (ANTARA) - Perpustakaan Desa Balecatur di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil menjadi juara pertama dalam lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

Perpustakaan Desa Balecatur unggul dalam putaran final Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019 pada 14 hingga 16 Agustus.

"Pada tahap final, sebanyak 18 perpustakaan desa/kelurahan yang mewakili provinsi masing-masing bersaing untuk menjadi yang terbaik dari tiga klaster yakni Klaster A, B, dan C. Di mana Perpustakaan Desa Balecatur masuk pada kategori Klaster A," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di Sleman, Minggu.

Ia menjelaskan, Lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional mencakup seleksi di tingkat kabupaten/kota, penentuan pemenang tingkat provinsi, pengiriman berkas ke tingkat nasional, penyeleksian berkas, hingga visitasi lapangan oleh para juri.

Kompetisi tahunan tersebut, menurut dia, antara lain dilaksanakan untuk mengukur kinerja perpustakaan umum di desa dan kelurahan.

Kepala Perpustakaan Desa Balecatur Probowo Wulantopo mengatakan visi Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Balecatur Gamping Sleman adalah "Maju bersama Perpustakaan Sumber Ilmu mewujudkan masyarakat Desa Balecatur yang cerdas dan berkualitas".

"Perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, terutama masyarakat desa di sekitar perpustakaan dan masyarakat luas pada umumnya," katanya.

Prabowo mengatakan, Perpustakaan Desa Balecatur memiliki beberapa layanan unggulan seperti Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Pojok Baca, Ruang Home Theater dan Audio Visual, Ruang Baca Anak, Sekolah Kamis, dan Sekolah Seni Budaya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar