Sleman menyelenggarakan Festival UMKM Sembada

id Festival UMKM Sembada,Dinkop UKM Sleman,Sleman

Sleman menyelenggarakan Festival UMKM Sembada

Festival UMKM Sembada 2019 yang diselenggarakan Dinkop UKM Kabupaten Sleman. Foto Antara/HO/Dinkop UKM Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan kembali menyelenggarakan Festival UMKM Sembada pada 24 dan 25 Oktober di area rumah dinas Bupati Sleman.

"Kegiatan festival ini adalah yang bertujuan untuk memperkuat model pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dijalankan dan juga wujud dari apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Pustopo di Sleman, Selasa.

Menurut dia, untuk tujuan spesifik dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas, fasilitasi solusi permasalahan usaha.

"Selain itu juga sebagai fasilitasi kemitraan, promosi produk, dan meningkatkan kepercayaan diri UMKM dalam menjalankan usahanya dengan adanya penghargaan," katanya.

Ia mengatakan, oada festival UMKM Sembada tahun 2019, direncanakan akan melibatkan banyak mitra, antara lain pelaku UMKM, pemerintah, swasta, komunitas bisnis, perguruan tinggi, dan media.

"Model aksi kemitraan ini merupakan upaya kolaboratif untuk bersinergi dalam memunculkan model baru pola pemberdayaan UMKM, terlebih dengan perubahan bisnis yang sangat cepatdi era disruptif saat ini," katanya.

Pustopo mengatakan, era disrupsi telah mengubah setidaknya tiga hal yaitu pasar, peluang, dan model bisnis. Hal ini juga diperkuat oleh kehadiran teknologi digital yang menyebabkan perubahan radikal terhadap model bisnis tradisional.

"Karena itu, poIa-pola kolaboratif perlu dimunculkan dalam rangka pengembangan bisnis yangmemberdayakan dan mensejahterakan," katanya.

Ia mengatakan, target peserta bazar sebanyak 80 pelaku UMKM, di mana 50 pelaku UMKM difasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, dan 30 pelaku UMKM difasilitasi oleh Dinas Koperasi UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta (DIY).

Selain itu, dalam festival kali ini menargetkan keikutsertaan dari pihak Iain yang berkepentingan pada pengembangan UMKM di Kabupaten Sleman ikut serta daIam menyukseskan rangkaian pagelaran Festival UMKM Sembada ini.

Tema kegiatan Festival UMKM Sembada adalah 'Bersinergi Membangun UMKM Sleman yang Produktif dan Berdaya Saing'

Ia mengatakan tujuan kegiatan Festival UMKM Sembada 2019 adalah memberikan edukasi kepada peserta mengenai arah baru pengembangan bisnis saat ini.

"Kemudian menumbuhkan semangat wirausaha pelaku UMKM dengan adanya penghargaan, memberikan akses solusi terhadap persoalan usaha, dan mempertemukan pelaku usaha dengan stakeholder sehingga dapat membuka petuang terjalin kemitraan bisnis," katanya.

Festival ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dengan adanya kegiatan bazar, dan mengenalkan pengembangan produk UMKM kepada masyarakat.

"Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM mitra binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman," katanya.

Festival UMKM Sembada akan dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat tanggal 24 den 25 Oktober 2019, pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB di halaman parkir belakang Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dan Pendopo Rumah Dinas Bupati.

"Penggunaan halaman parkir belakang Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman untuk bazar dengan pertimbangan agar tidak mengganggu aktivitas rumah dinas sekaligus untuk mengenalkan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM Sleman kepada masyarakat," katanya.

Rangkaian kegiatan Festival UMKM Sembada antara lain, bazaar produk UMKM dengan penyediaan stand pameran sejumlah 70 stand, penyediaan stand pameran untuk stakeholder dan sponsor, Penyerahan UMKM Award, Talkshow, penyerahan sertiftkat uji kompetensi manajer koperasi, aneka hiburan dan demo produk.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar