Bantul akan perbaiki rumah keluarga tidak mampu di Pendowoharjo

id Wabup santuni warga tidak mampu,keluarga tidak mampu bantul

Bantul akan perbaiki rumah keluarga tidak mampu di Pendowoharjo

Wabup Bantul Abdul Halim Muslih saat mengunjungi keluarga tidak mampu di Dusun Pringgan, Desa Pendowoharjo, Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberikan bantuan berupa perbaikan rumah milik Dasiman, keluarga tidak mampu yang memiliki putra penderita hidrosefalus atau pembesaran kepala bayi di Dusun Pringgan Desa Pendowoharjo.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai mengunjungi rumah Dasiman di Bantul, Selasa mengatakan meski keluarga di Kecamatan Sewon itu masuk sebagai data penerima jaminan program pemerintah, namun beban keluarga yang dirasakan masih berat, karena menempati rumah tidak layak huni.

"Sudah kami tanya tadi Pak Dasiman kalau sudah dapat jaminan PKH (program keluarga harapan), BPNT (bantuan pangan non tunai), KIS dan KIP, tetapi bantuan ini untuk kehidupan yang bebannya cukup berat tentu tidak cukup, karena ini juga belum meng-cover kelayakan rumah," katanya.

Oleh karena itu, Wabup akan mengusulkan ke pemerintah daerah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak agar ada bantuan perbaikan rumah, termasuk pembangunan sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) yang akan dikerjakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bantul.

"Dari Baznas sudah merencanakan untuk membangun sarana MCK-nya, tadi kita cek kalau MCK nya tidak layak, kemudian nanti kita yang pemda akan mengusulkan rehab rumah bagian atap dan lantai, apalagi ada yang sakit ini kebersihan ini menjadi sangat penting," katanya.

Wabup menjelaskan, kunjungan yang dilanjutkan dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada keluarga Pak Dasiman yang berjumlah empat orang, yang salah satu anak diantaranya menderita hidrosefalus ini sebagai tindak lanjut atas laporan dari masyarakat yang menyebut masih ada warga yang masih perlu bantuan.

"Jadi ini kan laporan-laporan masyarakat, kita cek satu per satu, jadi laporan itu nanti kita validasi di lapangan, seperti hari ini ceklis jaminan-jaminan apa saja yang sudah dan apa yang belum, dan kondisi keluarganya bagaimana," katanya.

Wabup mengatakan, apalagi meski mendapat semua jaminan sosial program pemerintah, akan tetapi masih belum mengkaver kebutuhan dasar. "Salah satu kebutuhan dasar adalah papan, papan harus layak, dan sudah kita rancang dan kita jamin pasti nanti kita bangun," katanya.

Selain berkunjung ke rumah Dasiman di Desa Pendowoharjo untuk memastikan kondisi keluarga, Wabup juga mengunjungi dan menyantuni keluarga tidak mampu yang tinggal di wilayah Jogonalan, Desa Tirtonirmolo Kasihan Bantul.