Dinsos Gunung Kidul-Kantor Pos siap mencairkan BST tahap II

id Bantuan sosial tunai,COVID-19

Dinsos Gunung Kidul-Kantor Pos siap mencairkan BST tahap II

Kepala Dinas Sosial Gunung Kidul Siwi Iriyanti. ANTARA/Sutarmi

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkoordinasi dengan Kantor Pos untuk proses pencairan Bantuan Sosial Tunai tahap II yang akan dilaksanakan di pertengahan Juni 2020.

"Kami sudah ada koordinasi awal dan rencananya paling lambat di pertengahan bulan ini sudah dicairkan bantuan ke masyarakat," kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunung Kidul, Hadi Hendro Prayogo di Gunung Kidul, Rabu.

Koordinasi persiapan ini penting untuk menjamin kelancaran serta memastikan proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Hendro tidak menampik ada masalah terkait penyaluran karena adanya kerumuman warga yang sempat heboh di media sosial.

"Kami tidak berharap adanya kerumunan massa pada penyaluran BST tahap kedua nanti. Sehingga seluruh tahapan benar-benar kami persiapkan supaya pelaksanaan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Hendro mengatakan total penerima BST di Gunung Kidul mencapai 43.171 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun pencairannya sebanyak 5.446 KPM disalurkan melalui bank pemerintah. Sedangkan sisanya sebanyak 37.725 KPM penyalurannya melalui kantor pos.

"Penerima bantuan yang tidak tepat sasaran dilaporkan ke Kementerian Sosial untuk kemudian diusulkan pergantian untuk warga yang berhak menerima," katanya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunung Kidul Ari Siswanto berharap pemkab harus memastikan bahwa penyaluran tahap kedua tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jangan sampai peristiwa penyaluran tahap satu di Semanu terulang lagi,” katanya.