Yogyakarta lelang tiga pekerjaan dengan dana keistimewaan

id pekerjaan fisik,dana keistimewaan,lelang

Yogyakarta lelang tiga pekerjaan dengan dana keistimewaan

Dokumentasi - Pekerjaan revitalisasi drainase di Jalan Babaran Yogyakarta, 13 Desember 2019 (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menuntaskan proses lelang tiga dari empat pekerjaan fisik yang didanai menggunakan dana keistimewaan sehingga ditargetkan pekerjaan sudah bisa dijalankan mulai pertengahan September.



“Masih ada satu pekerjaan yang masih dalam proses lelang. Kami upayakan yang terbaik agar pekerjaan juga bisa dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Selasa.



Keempat pekerjaan fisik yang didanai menggunakan dana keistimewaan pada tahun ini meliputi revitalisasi pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman dari ruas Jembatan Gondolayu hingga Tugu, penataan kawasan Tugu, penataan pedestrian di Jalan KH Ahmad Dahlan, dan revitalisasi saluran air hujan di Kotagede.



Dari keempat pekerjaan tersebut, masih menyisakan satu pekerjaan dalam proses lelang yaitu revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman dengan alokasi anggaran mencapai Rp13,9 miliar.



Sebanyak dua pekerjaan yaitu revitalisasi saluran air hujan di Jalan Kemasan dan revitalisasi pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan sudah penandatanganan kontrak, sedangkan untuk penataan kawasan Tugu dilakukan penandatangan kontrak pekan ini.



Alokasi anggaran untuk pekerjaan revitalisasi drainase adalah Rp6,8 miliar, untuk revitalisasi pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan Rp7,5 miliar dan Rp9,5 miliar untuk penataan simpang Tugu.



Salah satu kendala yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan seluruh pekerjaan fisik tersebut, lanjut Hari, adalah waktu pekerjaan yang cukup singkat sekitar tiga bulan.



“Hal ini memang disebabkan kepastian penggunaan anggaran untuk pelaksanaan pekerjaan fisik ini baru ditetapkan pertengahan tahun dan seluruh pekerjaan harus menjalani proses lelang,” katanya.



Ia mencontohkan, pekerjaan revitalisasi drainase Jalan Kemasan Kotagede ditargetkan selesai 90 hari, pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan ditargetkan selesai 100 hari, pedestrian Jalan Jendeal Sudirman 95 hari.



Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Kota Yogyakarta, salah satu pekerjaan yang akan segera dilakukan adalah revitalisasi drainase Jalan Kemasan Kotagede.



“Proses sosialisasi sudah dilakukan sebelum pandemi dan akan kembali dilakukan sosialisasi ke masyarakat sebelum pelaksanaan pekerjaan fisik karena memang akan ada penutupan jalan,” katanya.



Sosialisasi akan dilakukan pekan ini dan pekerjaan fisik ditargetkan dapat dilakukan pertengahan bulan.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar