Peneliti : Gugus Tugas tingkat warga percepat penanganan COVID-19

id COVID-19,Gugus tugas,Jakarta Garden City,Cakung

Peneliti : Gugus Tugas tingkat warga percepat penanganan COVID-19

Gugus Tugas warga RW 14 Jakarta Garden City membagikan kebutuhan bahan pokok bagi warga yang terpapar COVID-19. ANTARA/HO-Gugus Tugas RW 14

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Maarif Institute Jakarta, Endang Tirtana menyebutkan kesadaran masyarakat menjadi poin utama yang harus digalakkan dalam penanganan COVID-19, salah satunya seperti yang dilakukan warga di RW 14 Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur.

Warga di RW 14 JGC membentuk gugus tugas untuk mengonsolidasikan bantuan serta penanganan untuk warga terpapar COVID-19.

“Rukun warga harus mulai digalakan. Membuat gugus tugas kecil di lingkungan tempat tinggal akan mempercepat tracking, tracing dan testing. Sehingga dapat menurunkan potensi penyebaran Covid-19,” katanya di Jakarta," kata Endang Tirtana di Jakarta, Senin.

Dia mengungkapkan, gugus tugas kecil ini nantinya tetap akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19.

Harapannya tentu agar pasien terpapar COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang dapat teratasi di tempat tinggalnya. Sementara pasien bergejala berat harus mendapatkan penanganan di rumah sakit.

“Ini akan memberikan banyak ruang bagi mereka yang benar benar membutuhkan. Namun suplay akan obat dan kebutuhan pasien harus bersama sama ditangani. Pemerintah harus memberikan akses kepada gugus tugas ini,” ujar Endang.

Untuk pengawasan pasien, Endang menerangkan, dapat dilakukan oleh dokter melalui jarak jauh. Sehingga masyarakat dapat membantu menjadi tenaga medis untuk lingkungan tempat tinggal mereka sendiri.

“Karena tempat paling nyaman untuk beristirahat tetap di rumah sendiri. Harapannya cara ini dapat membuat imunitas seseorang bekerja lebih baik,” tutur Endang.

Sebelumnya, masyarakat di kawasan RW 14 Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur, membentuk Gugus Tugas COVID-19 dan saling bekerja sama apabila ada warga yang terpapar COVID-19.

“Di RW 14 Jakarta Garden City yang terdiri dari 18 RT dan tak kurang dari 5.000 Kepala Keluarga, kekompakan warga tampak begitu nyata. Langkah nyata mereka dapat menjadi model dalam mitigasi menghadapi pandemi,” kata Ketua Gugus Tugas RW 14 Aan Afdi.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021