Film 'Encanto' berikan gambaran positif Kolombia

id kolombia,dubes,encanto

Film 'Encanto' berikan gambaran positif Kolombia

Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzalez, dalam acara pemutaran film Encanto yang digelar oleh Kedutaan Besar Kolombia di Jakarta, Rabu (24/11/2021). (ANTARA/Nabil Ihsan)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzalez, berharap  warga Indonesia mendapatkan pandangan baru dan positif terhadap Kolombia melalui film animasi ‘Encanto’, yang menceritakan kisah sebuah keluarga yang tinggal di pegunungan Kolombia.

Dalam acara pemutaran film yang digelar oleh Kedutaan Besar Kolombia di Jakarta, Rabu, Dubes Gonzalez mengatakan bahwa film tersebut memberikan gambaran mengenai nilai-nilai positif yang dimiliki oleh komunitas dan keluarga-keluarga di negaranya, yang mungkin jarang dilihat di banyak film-film tentang Kolombia yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

“Film ini sangat penting bagi Kolombia karena ini lebih menggambarkan Kolombia, ketimbang apa yang biasanya kita lihat. Ini menggambarkan realisme magis Kolombia,” katanya tentang film garapan Walt Disney Animation Studios tersebut.

Film itu terinspirasi dari budaya Kolombia, dan menceritakan kisah keluarga Madrigal yang tinggal di rumah ajaib di kota Encanto yang terselip di daerah pegunungan negara Amerika Latin itu.
 

Kisah keluarga yang diselamatkan oleh keajaiban usai mengalami tragedi dalam masa lalu situasi di Kolombia yang kelam itu disebut Gonzalez sebagai cerminan kemampuan Kolombia untuk bangkit dari permasalahan di masa lampau dengan kekuatan nilai-nilai keluarga dan komunitas.

“Kita dapat melihat bagaimana permasalahan yang ada di masa lalu dapat diatasi dengan upaya yang dilakukan sebuah keluarga dan sebagai komunitas, dan bagaimana kami bersatu dan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Menurut dia, hal itu menunjukkan nilai-nilai baik yang dimiliki Kolombia dan dia berharap agar gambaran itu dapat menjadi alternatif yang mengubah pandangan masyarakat Indonesia terhadap Kolombia yang kerap digambarkan melalui berbagai film yang menunjukkan sisi-sisi buruk sejarah negara itu.

Selain itu, dia berharap  melalui film itu, masyarakat Indonesia juga dapat memahami identitas Kolombia sebagai negara yang kaya dengan keragaman hayati serta bangsa yang hangat, dengan masyarakat yang membuat negara itu menjadi hidup melalui musik dan tarian mereka.

“Keajaiban Kolombia terletak pada masyarakatnya, dalam musik kami dan tarian kami. Kami sangat berbahagia dengan adanya film ini dan saya harap semua orang Indonesia dapat menyaksikannya,” kata Gonzalez.
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021