Warga binaan Rutan Kelas II B Wates Kulon Progo mendapat vaksinasi

id Kulon Progo ,Vaksinasi

Warga binaan Rutan Kelas II B Wates Kulon Progo mendapat vaksinasi

Petugas kesehatan Kulon Progo melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Sebanyak 37 Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas II B Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua dalam rangka mewujudkan kekebalan komunal.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajariyanto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan vaksinasi COVID-19 merupakan kerja sama dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo dibantu Puskesmas Wates.

"Pemberian vaksin terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perlu dilakukan sebagai upaya Rutan Wates mendukung program pemerintah mengejar capaian kekebalan komunal. Kekebalan komunal adalah keadaan ketika masyarakat sudah kebal (imun) terhadap penyakit menular. Bila sebagian besar orang sudah imun, maka penyebaran penyakit semakin kecil, sehingga efek yang ditimbulkannya pun tidak akan separah kondisi awal," kata Deny dalam rilisnya.

Ia mengatakan vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi WBP yang kesekian kalinya dilaksanakan di Rutan Wates, karena terdapat tahanan baru yang masuk ke Rutan Wates dan belum melaksanakan vaksinasi baik dosis pertama dan dosis kedua.

Dari hasil skrining yang telah dilaksanakan total 37 WBP seluruhnya bisa menerima vaksin dengan rincian 12 WBP vaksin dosis pertama dan 26 WBP dosis kedua.

"Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan sebagai bentuk pemenuhan hak mendapatkan pelayanan kesehatan bagi WBP yang belum mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama dan kedua," katanya.

Selain itu, hal ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah untuk mempercepat vaksinasi Masyarakat Indonesia pada khususnya WBP di Rutan Kelas II B Wates untuk mencegah penularan COVID-19 di Kulon Progo pada umumnya dan di Rutan Kelas II B Wates pada Khususnya.

“Ada beberapa WBP yang belum tervaksinasi baik dosis pertama dan kedua, rata-rata adalah tahanan baru. Oleh Karena itu kita mengakomodir untuk WBP tersebut untuk mendapatkan vaksin hingga dosis kedua. Apabila WBP sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua akan segera kita laksanakan vaksinasi booster untuk WBP," katanya.

Lebih lanjut, Deny mengatakan dengan adanya kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi WBP yang baru ini Rutan Wates mengharapkan vaksin dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona.

Dengan begitu, risiko untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil. Untuk selanjutnya Rutan Kelas II B Wates akan segera melaksanakan vaksin booster bagi WBP yang telah mendapatkan dosis pertama dan dosis kedua.

Untuk diketahui sebelumnya Rutan Kelas II B Wates telah melaksanakan vaksinasi booster bagi petugas pada 17-19 Januari 2022. Dalam hal ini seluruh petugas telah berhasil mendapatkan vaksin booster.

Salah satu Warga Binaan Rutan Wates berinisial AF mengaku senang mendapatkan pelayanan Vaksin di Rutan. Ia berterima kasih kepada Rutan Wates dan Puskesmas Wates karena telah memberikan vaksin pada dirinya dan teman temannya.

“ Saya WBP Rutan Wates, pelayanan kesehatan di Rutan Wates sudah sangat baik, Hari ini kami WBP mendapatkan pelayanan vaksinasi dan pemeriksaan gula darah serta kolestrol, Saya mewakili teman teman mengucapkan terima kasih kepada Rutan Wates dan Puskesmas Wates atas pelayanan yang telah diberikan," kata WBP tersebut.