Bantul harapkan kurikulum merdeka mampu bangun karakter siswa

id Pemkab Bantul ,Kurikulum merdeka ,Tahun ajaran baru

Bantul harapkan kurikulum merdeka mampu bangun karakter siswa

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan kurikulum merdeka yang akan diimplementasikan mulai tahun ajaran baru 2022/2023 di seluruh jenjang sekolah negeri daerah ini mampu membangun karakter siswa baru.

"Hari ini kegiatan peluncuran kurikulum merdeka, di mana kita akan membuat kurikulum baru salah satunya untuk membangun karakter siswa kita," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo usai meluncurkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Bantul, Senin.

Dia mengatakan, dengan kurikulum merdeka itu, maka diharapkan siswa akan memiliki karakter yang sesuai dengan sila-sila dalam Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), cerdas, berakhlak mulia dan berkepribadian Indonesia.

Baca juga: Disdikpora Bantul terapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di semua sekolah negeri

Selain meluncurkan Implementasi Kurikulum Merdeka, dalam kegiatan tersebut juga sekaligus peluncuran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sebagai pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023, yang secara serentak dilaksanakan pada Senin hingga Rabu (13/7).

"Dan masing-masing sekolah kita arahkan untuk memiliki kreativitas-kreativitas, salah satunya arahan kita kepada kepala sekolah agar mau mendengarkan aspirasi dari orang tua wali atau murid, termasuk juga komite sekolah," katanya.

Dengan demikian, kata dia, harapannya ke depan pada tahun ajaran baru 2022, semua stakeholder pendidikan bisa melakukan perubahan, baik perubahan perilaku sebagai penyelenggara pendidikan, perubahan perilaku orang tua, perubahan perilaku guru dan murid.

"Sehingga betul-betul bisa memperbaiki kualitas pendidikan, dengan demikian betul betul nanti tujuan anak Bantul cerdas berakhlak mulia berkepribadian Indonesia itu terwujud, salah satunya itu," katanya.

Dia mengatakan, apabila untuk memajukan kualitas pendidikan itu bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah, masyarakat, guru, siswa, dan elemen elemen yang lain termasuk orang tua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Isdarmoko mengatakan, sesuai kalender akademik yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, bahwa pada Senin 11 Juli adalah merupakan awal tahun pelajaran baru 2022/2023 serentak secara nasional untuk sekolah negeri.

"Dan kami sepakat secara serentak bahwa semua sekolah di Bantul dari jenjang TK, kemudian SD, SMP khususnya yang negeri untuk melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri, untuk pilihan jalur kategori merdeka berubah," katanya.

Baca juga: Kurikulum Merdeka percepat pemulihan pendidikan