514 pusat pelatihan pertanian bakal latih petani di Indonesia

id pelatihan pertanian,pertanian pedesaan,p4s,petani,desa

514 pusat pelatihan pertanian bakal latih petani di Indonesia

Ilustrasi: Pengurus urban farming menyiram tanaman di lantai atas Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. ANTARA FOTO/Agha Yuninda/wsj/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 514 Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) ditargetkan untuk dibentuk di seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang merupakan target kerja 100 hari Forum Komunikasi P4S.

"Kalau program 100 hari kerja kami yang dikejar oleh Pak Menteri Pertanian itu salah satunya pertumbuhan 514 P4S di kabupaten/kota seluruh wilayah Indonesia," kata Ketua 2 Forum Komunikasi P4S Zulharman Djusman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, saat ini dibutuhkan sedikitnya 195 P4S di kabupaten/kota. Pembentukan P4S, lanjutnya, penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian dan perdesaan, mengingat salah satu ciri P4S adalah inovasi dan smart farming. Forum Komunikasi P4S, kata dia, memiliki tugas penting dalam mengedukasi petani.

"Ada stigma penggunaan teknologi smart farming itu mahal, susah, dan sebagainya. Nah, ini menjadi misi Forum Komunikasi P4S untuk edukasi. Memang sedikit susah di awalnya, tetapi penggunaan teknologi dalam smart farming nantinya akan sangat memudahkan petani," kata dia.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Leli Nuryati mengatakan peran P4S sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 33 Tahun 2016.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 514 pusat pelatihan pertanian ditargetkan terbentuk di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024