Pemkot Yogyakarta alokasikan bantuan ongkos distribusi 50 ton bahan pangan

id bantuan ongkos distribusi,yogyakarta,bahan pokok

Pemkot Yogyakarta alokasikan bantuan ongkos distribusi 50 ton bahan pangan

Dokumentasi. Pengendara melintasi kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (21/12/2020). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa/pri)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mengalokasikan bantuan ongkos distribusi untuk 50 ton bahan kebutuhan pokok yang langsung dialokasikan ke masyarakat sebagai upaya pengendalian harga untuk menekan laju inflasi.

“Selain dari DIY, kami dari Pemerintah Kota Yogyakarta juga mengalokasikan bantuan ongkos distribusi yang langsung bisa dinikmati oleh end user atau masyarakat,” kata Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, bantuan ongkos distribusi tersebut diwujudkan dalam bentuk operasi pasar bahan pokok dengan harga murah yang dilakukan di seluruh kecamatan dan bisa dinikmati oleh warga dari kecamatan tersebut dibuktikan dengan kartu identitas kependudukan.

Baca juga: DIY gelontorkan subsidi distribusi bahan pokok tekan laju inflasi

"Sama seperti subsidi distribusi yang diberikan Pemerintah DIY, nilai subsidi dari Pemerintah Kota Yogyakarta juga sama yaitu Rp2.000 per kilogram bahan pokok," katanya.

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Bulog Yogyakarta untuk merealisasikan kegiatan tersebut dengan sejumlah bahan kebutuhan pokok yang disiapkan seperti beras, gula pasir, tepung terigu, dan minyak goreng.

“Karena mendapat subsidi ongkos distribusi, maka harga bahan kebutuhan pokok yang dijual pun lebih murah dibanding harga di pasar,” katanya.

Beras premium kemasan lima kilogram dijual dengan harga Rp48.000, beras medium lima kilogram Rp42.500, gula pasir satu kilogram Rp11.100, minyak Kita lima liter Rp57.000, minyak Kita satu liter Rp11.800, dan tepung terigu Kita satu kilogram Rp9.800.

Kegiatan operasi pasar bahan pokok murah “Road to Kemantren” tersebut sudah mulai digelar pada 15 November hingga 24 November dimulai dari Kecamatan Gondokusuman dan akan berakhir di Kecamatan Mantrijeron, Gondomanan, dan Kraton.

“Hari ini dilakukan di Kecamatan Tegalrejo dan Jetis,” kata Riswanti yang menyebut setiap kecamatan mendapat alokasi 1,7 ton bahan kebutuhan pokok.

Selain di kecamatan, pemanfaatan bantuan ongkos distribusi tersebut juga dilakukan untuk pasar dan berbagai kegiatan pameran perdagangan. “Beberapa waktu lalu, kami pun sudah menggelar Disdag Fes,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah DIY mengalokasikan subsidi distribusi bahan pokok yang diutamakan untuk tiga pasar tradisional yaitu Beringharjo, Kranggan, dan Demangan. Subsidi distribusi tersebut diberikan kepada distributor besar yang menyuplai bahan pokok ke tiga pasar tersebut.

Total subsidi distribusi yang dialokasikan mencapai Rp1,9 miliar untuk distribusi 958 ton bahan kebutuhan pokok yang akan dilakukan hingga akhir tahun.

Baca juga: Bulog Yogyakarta memastikan stok bahan pokok cukup hingga akhir tahun

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024