Bupati Sleman mengajak masyarakat gotong royong kembangkan potensi desa

id Desa wisata Palgading ,Gotong royong ,Guyub ,Kabupaten Sleman ,Bupati Sleman ,Sleman

Bupati Sleman mengajak masyarakat gotong royong kembangkan potensi desa

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan pemotongan tumpeng menandai peluncuran kembali Desa Wisata Palgading yang sempat tutup akibat pandemi COVID-19, Minggu (26/2/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat di wilayah itu untuk selalu guyub dan bergotong royong mengembangkan potensi desa.

Kustini menyatakan hal tersebut saat menghadiri pembukaan kembali Desa Wisata Palgading, Sinduharjo, Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik, Minggu.

"Saya senantiasa mengajak seluruh masyarakat untuk guyub dan bersama-sama menggerakkan dan mengembangkan potensi yang dulu sudah bagus harus lebih ditingkatkan," katanya.

Desa Wisata Palgading yang sempat ditutup karena pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, secara resmi kembali diluncurkan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Bertempat di camping ground Desa Wisata Palgading, Bupati Sleman berkesempatan memotong tumpeng sebagai tanda diresmikannya kembali Desa Wisata Palgading.

Bupati Sleman mengapresiasi semangat dan niat masyarakat Palgading untuk bangkit dalam mengembangkan dan mengelola Desa Wisata Palgading.

"Nantinya Pemkab Sleman melalui Dinas Pariwisata akan memberikan pendampingan dan bantuan terkait pengembangan Desa Wisata Palgading," katanya.

Ketua Desa Wisata Palgading Sumarjo mengatakan bahwa terbentuknya kembali Desa Wisata Palgading ini atas dasar niat dan semangat warga setempat.

Menurut dia, Palgading memiliki berbagai macam potensi yang layak dijadikan desa wisata seperti wisata agro, perikanan, pengolah pupuk organik dan IPAL terpadu.

"Selain itu, juga terdapat potensi budaya seperti situs Candi Palgading, uyon-uyon dan macapatan," katanya.

Selain itu, di Palgading juga terdapat home industry seperti kerajinan kulit, kayu, tas rak alam serta wisata petualangan seperti outbound, susur sungai, dan berkemah.

"Harapan kami dapat terus berkembang dan eksis di luar seperti sediakala. Selaku pengurus, kami akan memaksimalkan Desa Wisata Palgading untuk terus maju demi kesejahteraan masyarakat Palgading," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024